B. Pendahuluan
- Latar belakang
Cahaya matahari ditangkap daun sebagai foton dalam
proses fotosintesis, untuk menghasilkan karbohidrat. Tidak semua radiasi
matahari mampu diserap tanaman, cahaya tampak, dengan panjang gelombang 400 s/d
700 nm. Faktor yang mempengaruhi jumlah radiasi yang sampai ke bumi: sudut
datang, panjang hari, komposis atmosfer
Cahaya yang diserap daun 1-5% untuk fotosintesis, 75-85% untuk
memanaskan daun dan transpirasi, Sudut datang matahari (dari suatu titik
tertentu di bumi), Keadaan atmosfer (kandungan debu dan uap air), dan Panjang
hari sering menjadi faktor pembatas pertumbuhan di daerah sub-tropik
Keberadaan radiasi, sering terbatas di sub-tropik pada
musim tertentu, sehingga kekurangan radiasi matahari merupakan kendala utama
pertanian di sub-tropik
Panjang hari di daerah tropik tidak terlalu menimbulkan masalah
(bukan faktor pembatas), relatif konstan, 12 jam/hari
Misalnya kecambah yang berada di tempat terang akan
tumbuh lambat. Daunnya yang muncul di antara kotiledon dengan cepat tumbuh
menghijau dan relative tebal, batangnya kuat dan akarnya tumbuh banyak.
Sedangkan kecambah yang berada di tempat gelap akan tumbuh cepat, tetapi
daunnya kecil, tipis kekuningan, batangnya lemah dan akarnya tidak banyak.
Secara keseluruhan tubuhnya lemah, kurus, berwarna kuning, pucat, dam tumbuh
tidak normal. Hal ini disebabkan kekurangan sinar matahari, tentunya UV yang
diperlukan dalam fotosintesis.
- identifikasi masalah
a)
cahaya dapat mempercepat atau
menghambat pertumbuhan biji
b)
pertumbuhan biji tumbuh
sekunder atau primer
c)
pada pertumbuhan kecambah
tumbuh tunas lentera atau tunas apical
3. Rumusan masalah
a)
adakah pengaruh perbedaan
cahaya terhadap perkecambahan biji?
b)
Apakah biji kacang hijau akan mengalani pertumbuhan yang sama
apabila diletakkan pada tempat yang kapasitas cahayanya berbeda ?
c)
Apakah banyak sedikitnya cahaya
mempengaruhi perkecambahan biji?
4. Tujuan penelitian
a)
untuk mengetahui pengaruh
cahaya terhadap perkecambahan biji.
b)
Supaya tahu jika biji kacang ijo diletakan
pada cahaya yang berbeda-beda apakah mengalami perkecambahan yang sama.
c)
Untuk mengetahui apakah banyak
sedikitnya cahaya dapat mempengaruhi perkecambahan biji
5. Manfaat penelitian
a)
sebagai sumber informasi bagi
petani kecambah dalam menyediakan penyediaan kecambah.
b)
Sebagai sumber informasi dalam
pengembangan teknologi pertanian atau perdagangan.
c)
Siswa dapat mempraktekkan
kembali cara pembuatan kecambah dalam
kehidupan sehari-hari
d)
Siswa dapat mengetahui
perbedaan antara proses perkecambahan yang mendapat sinar matahari dengan
proses perkecambahan yang tidak mendapat sinar matahari.
e)
Siswa dapat mengetahui
kapasitas cahaya yang diperlukan dalam proses perkecambahan.
B. Tinjauan pustaka
1.
teori tentang perkecambahan
biji serta factor-faktor yang mempengaruhi perkecambahan.
2.
teori tentang cahaya serta
kandungan unsure dalam air untuk merendam biji
3.
hubungan antara unsure yang
terkandung dalam air serta cahaya terhadap perkecambahan biji
C. Metode Penelitian
1.
Jenis Penelitian
·
Biji kacang ijo
·
Biji kedelai
2. Waktu dan tempat
·
Sabtu, 15 agustus 2009 di lab
fisika
3.
populasi penelitian
·
semua jenis biji-bijian, sprt.
Biji kacang ijo dan biji kedelai.
4.
sample penelitian
·
jenis yang dipakai adalah biji
kacang ijo jumlah sample adalah 12x5 biji kacang hijau
5.
prosedur penelitian
·
Penelitian menggunakan tehnik
pengukuran pada kecambah kacang ijo/kedelai dan memasukan hasil penelitian ke
dalam tabel
I.
Menyiapkan alat dan bahan
·
Alat dan bahan
1.
12 buah gelas plastic dengan
ukuran dan bentuk yang sama
2.
Masukkan kapas ke dalam gelas
3.
Tuangkan sedikit air sampai
kapas di dalam gelas basah semuanya
4.
Siapkan biji kacang hijau untuk
perkecambahan
II.
Cara kerja
1.
Pilih biji kacang hijau yang
memiliki bentuk, ukuran dan warna yang seragam sebnyak 60 biji
2.
Kelompkkan biji kacang tersebut
menjadi 12 kelompok
3.
Buat tiga kertas yang
bertuliskan K0, K1, K2
K0 untuk perlakuan di tempat gelap
K2 untuk
perlakuan tempat terang
K1 untuk kelompok control di tempat remang-remang
4.
Buatlah 4 kertas undian untuk
ulangan pada masing – masing kelompok sebanyak empat ulangan,dengan bertuliskan
U1, U2, U3, U4
5.
Undilah kertas undian K0 dengan
kertas undian UI, U2.U3 dan U4 untuk 4 gelas pertama
6.
Lakukan hal yang sama untuk K1
dan K2
Tuliskan hasil
pengundian pada table berikut :
Contoh :
Contoh :
K0U1
|
K0U2
|
K0U3
|
K0U4
|
K1U1
|
K1U2
|
K1U3
|
K1U4
|
K2U1
|
K2U2
|
K2U3
|
K2U4
|
Masukkan masing masing kelompok pada tempat yang berbeda
7.
Memberikan perlakuan dan
penelitian
1.
Letakkan 4 gelas pada daerah
terang
2.
Letakkan 4 gelas pada daerah
gelap
3.
Letakkan 4 geals pada daerah remang-remang
sebagai control
9.Amati pertumbuhan pada kecambah dengan mengukur pertambahan
panjang pada setiap kecambah yang tumbuh selama 5
hari setelah kecambah tumbuh
10.
Masukkan hasil pengamatan ke
dalam tabel pengamatan
Tabel 01
Pertumbuhan panjang kecambah
No
|
Hari
|
K0
|
K1
|
K2
|
|||||||||
|
|
U1
|
U2
|
U3
|
U4
|
U1
|
U2
|
U3
|
U4
|
U1
|
U2
|
U3
|
U4
|
1
|
1 (Selasa)
|
1,25
|
1,62
|
3
|
1,2
|
1,5
|
0,5
|
2,0
|
2,3
|
1
|
0,6
|
0,6
|
0,81
|
2
|
2 (Rabu)
|
1,37
|
1,67
|
3,12
|
3,46
|
2
|
3,25
|
2,28
|
2,7
|
1,16
|
1,33
|
1.2
|
1,62
|
3
|
3 (Kamis)
|
4,23
|
7,16
|
3,84
|
3,52
|
2.6
|
3.5
|
4,5
|
6,2
|
2,16
|
2,93
|
1,83
|
4,9
|
4
|
4 (Sabtu)
|
4,75
|
7,23
|
5,56
|
12,63
|
9.3
|
11,3
|
10,3
|
6,56
|
1,5
|
4,12
|
7,6
|
9,8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
No
|
Hari
|
Ko
|
|||
|
|
U1
|
U2
|
U3
|
U4
|
1
|
1
(Selasa)
|
Mati
3
|
Mati
1
|
-
|
-
|
2
|
2
(Rabu)
|
Mati
2
|
Mati
1
|
-
|
-
|
3
|
3
(Kamis)
|
Mati 2
|
-
|
-
|
-
|
4
|
4
(Sabtu)
|
Mati
2
|
-
|
-
|
-
|
No
|
Hari
|
K1
|
|||
|
|
U1
|
U2
|
U3
|
U4
|
1
|
1
(Selasa)
|
Mati
1
|
Mati
1
|
Mati
1
|
-
|
2
|
2
(Rabu)
|
Mati
1
|
Mati
1
|
Mati
1
|
-
|
3
|
3
(Kamis)
|
-
|
Mati
1
|
Mati
1
|
-
|
4
|
4
(Sabtu)
|
-
|
Mati
1
|
Mati
1
|
-
|
No
|
Hari
|
K2
|
|||
|
|
U1
|
U2
|
U3
|
U4
|
1
|
1
(Selasa)
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
1
|
2
|
2
(Rabu)
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
1
|
3
|
3
(Kamis)
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
1
|
4
|
4
(Sabtu)
|
Mati
3
|
Mati
2
|
Mati
2
|
Mati
2
|
No comments:
Post a Comment