Google Translate

8 Tips menjaga mata tetap sehat




Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat serta dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih, baik untuk jarak jauh maupun dekat.

1.      Menonton televisi jangan terlalu dekat. Jarak yang aman untuk menonton TV sekitar 2 meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskoppun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang. Hal ini bertujuan agar akomodasi mata tidak memaksakan untuk melihat sesuatu yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh.
2.      Bekerja/bermain komputer jangan terlalu lama. Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas didepan layar komputer. Misalnya tiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jau – jauh selama 5 menit agar mata tidak terlalu tegang, karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.
3.      Bermain video game jangan terlalu dekat. Anak – anak zaman sekarang banyak cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main playstation atau video game atau sejenisnya dekat dengan layar TV. Sebaiknya, biasakan anak untuk tidak bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomer 1 diatas.
4.      Membaca buku jarak dekat. Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Peneranganpun harus cukup, misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.
5.      Hindari debu dan polusi. Bagi anda yang sering beraktivitas dijalan raya seperti tukang ojek, polisi, supir angkot, kurir, dan lainnya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kaca mata ataupun helm. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.
6.      Makan makanan bergizi, berserat dan bervitamin A. Mata butuh asupan zat – zat bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan – makanan yang berserat tinggi dan kaya akan vitamin A. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau jus yang dibuat dari wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.
7.      Selalu berusaha melihat alam yang jauh. Hal ini dilakukan untuk menjaga mata agar tidak tegang. Usahakan anda dalam sepekan dapat melihat sesuatu yang jauh seperti laut ataupun pemandangan hijau rerumputan. Ini akan memanjakan mata anda sehingga mata kan tetap sehat.
8.      Sesekali bersihkan mata menggunakan daun sirih. Daun sirih dapat menjaga mata tetap sehat. Daun sirih direbus dahulu dengan air panas, setelah itu air untuk merebus tadi digunakan untuk membasuh mata. Memang agak perih tai hal ini dapat mempertajam mata untuk melihat. Hal ini sering dilakukan untuk mengobati mata merah atau kotoran mata yang terus keluar.
Sumber: BaliPost Senin 11 Juli 2011 dan diganbungkan dengan pengalaman pribadi.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·