Google Translate

Kanker

Kanker adalah penyakit yang tidak mengenal status sosial dan dapat menyerang siapa saja dan muncul akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubeh menjadi sel kanker dalam perkembangannya. Sel–sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menimbulkan kematian. Hal ini sejalan dengan defenisi dari American Cancer Society yang mengatakan kanker sebagai kelompok penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan dan penyebaran sel abnormal yang tidak terkendali.
 Sel kanker berbahaya karena dapat menyebabkan kematian baik secara langsung maupun tidak langsung. Sel kanker tumbuh dengan cepat, sehingga sel kanker pada umumnya cepat menjadi besar. Di samping itu, sel kanker dapat menyebar (metatasis) ke bagian alat tubuh lainnya yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening sehingga tumbuh kanker baru di tempat lain. Penyebaran sel kanker ke jaringan sehat pada alat tubuh lainnya dapat merusak alat tubuh tersebut sehingga fungsi alat tersebut menjadi terganggu.
            Kanker dapat banyak menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasinya dan karakter dari keganasan dan apakah ada metastasis. Sebuah diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik  jaringan yang diperoleh dengan boipsi. Setelah didiagnosis, pasien kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi atau radiasi. Kebanyakan  pasien kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Bila tidak terawat, kebanyakan kanker menyebabkan kematian pada pasien.

Penyebab Kanker
Ada empat  faktor utama penyebab kanker seperti lingkungan, makanan, biologis dan psikologis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keempat faktor penyebab kanker tersebut, yaitu:
Lingkungan
a.       Bahan kimia
Zat yang terdapat pada asap rokok yang dapat menyebabkan kanker paru pada perokok aktif dan perokok pasif  dalam jangka waktu yang lama.
b.      Penyinaran yang berlebihan
Sinar radio aktif sinar X yang berlebihan atau radiasi dapat menimbulkan kanker
Kulit dan leukimia.
c.       Merokok
Setiap kali merokok maka akan menghirup sedikitnya 60 zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.
d.      Polusi udara
Menurut Chen Zichou seorang ahli institut Peneliti Kanker mengatakan, penyebab utama meningkatnya jumlah kanker di china di sebabkan polusi udara, lingkungan, kondisi air yang kian hari kian memburuk,karena banyak perusahaan kimia dan industri  yang membuang limbahnya kesungai dengan mudah.

Makanan
Makanan yang menyebabkan kanker adalah:
a.       Daging yang mengandung hormon sex buatan.
b.      Bahan pemanis buatan seperti biang gula dan saccharin
c.       Nitrosanmines pada bahan-bahan pengawet buatan, dan bahan pewarna buwatan, yang umumnya dipakai dalam produk daging, yang telah diproses dan juga banyak dalam kaleng.
d.      Zat pewarna yang ada dalam makanan, minuman, kosmetik, maupun obat obatan.
e.       Zat radioaktif yang sekarang ini terdapat hampir di seluruh bulatan bumi sebagai akibat dari percobaan bom atom serta peledakan bom  atom serta peledakan bom, yang masuk dalam tubuh manusia melalui makanan, khususnya susu.
f.       Kebanyakan makan garam
g.      Makan yang sudah tengik

Biologi
a.       Virus
Beberapa berhubungan erat dengan perubahan sel normal menjadi sel kanker, hal ini dapat dilihat bahwa 90% kasus kanker serviks di sebabkan karena adanya inveksi HPV.
b.      Hormon
Hormon adalah zat yang di hasilkan kelenjar  tubuh yang fungsinya adalah mengatur kegiatan alat-alat tubuh dan selaput tertentu.
c.       Keturunan
Sejumlah penelitian menemukan bahwa sekitar 5% dari kasus kanker di akibatkan oleh faktor-faktor keturunan.

Psikologi 
a.       Kepribadian
Umumnya orang yang tipe kepribadian ini akan mudah mengalami gangguan emosi dan secara sadar berusaha menekan perasaan tersebut.  
b.      Stres
Salah satu sebab menurunnya kekebalan tubuh adalah adanya stres dan kondisi stres ini akan melemahkan respon imunitas.




Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·