Google Translate

Analisis Sosial Politik


                                                            Nama : I Putu Cahyadi Putra
                                                            Gugus : 15
                                                            No Absen :28
                                                            Fakultas : Kedokteran Hewan

Dari artikel yang saya baca, saya dapat menganalisis bahwa jiwa proklamasi setelah Indonesia merdeka 65 tahun yang lal sedikit tidaknya berkurang hal ini dapat dilihat dari adanya reformasi yang belum menyentuh aspek hakiki. Karena itu Indonesia masih bergelut pada kesulitan yang sama tiap tahunnya seperti korupsi masih marak dilakukan oleh para petinggi – petinggi negar. Tidak hanya itu penegakan hukumpun belum memenuhi rasa keadilan masyarakat.
Kewajiban Indonesia di masa ini yang tak terlepas dari jiwa proklamasi adalah melakukan dan mensukseskan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat. Untuk mewujudkan kesejahteraan itu perlu dibuat kebijakan, strategi, taktik, program dan aksi yang cermat oleh pelaksana pemerintahan dan masyarakat itu sendiri. Hal itu harus dilakukan dengan batas waktu yg sesegera mungkin mengingat globalisasi begitu cepat berkembang, jika hal itu tidak cepat dilakukan maka Indonesia akan tertinggal oleh arus globalisasi yang begitu deras.
Situasi saat ini sedikit tidaknya sama dengan situasi sejarah lama, bangsa Indonesia juga menghadapi masalah – masalah bangsa yang sedang dicari solusinya. Kini keberagaman cenderung berkurang, karena historis dan Ideologis yang tidak tumbuh berkembang dengan baik, sehingga ada anggapan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yangbelum selesai.
Radikalisme agamapun sering terjadiyang disebabkan oleh politik identitas yang kuat, akibatnya bangsa indonesia menjadi berkelompok – kelompok, dimana kelompok satu dengan yang lainnya kurang berinteraksi. Hal ini sangatlah membahayakan keutuhan NKRI. Agar itu tidak terjadi Indonesia harus memiliki mimpi bersama untuk menyatukan keberagaman yang ada di seluruh Indonesia.
Kemerdekaan itu bukanlah hanya sekedar lepas dari belenggu penjajahan namun kemrdekaan itu harus dimaknai sebagai suatu sarana untuk melakukan rencana kedepan bagi bangsa dan negara. Hal ini dilakukan agar bangsa ini tidak tertinggal di kancah dunia yang semakin maju. Untuk mewujudkan dan memaknai kemerdekaan hendaknya kita terus maju dan barjuang dengan jiwa merdeka yaitu keikhlasan untuk berkorban, tekad bersatu dalam keragaman, serta membangun jiwa raga untuk bagi bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·