Google Translate

Contoh Resensi Novel (4)


RESENSI NOVEL

LADANG PERMINUS
OLEH : I KOMANG AGUS SUPRIANA


Judul buku                  : Ladang perminus
Tahun                          : 1982
penulis                         : Ramadan K.H
Jumlah halaman           : 336 halaman
Penerbit                       : Pustaka Utama Graviti Pt
Harga                          : -

            Novel ini dibuat oleh Ramadan K.H. Ramadan K.H lahir di Bandung pada 16 Maret 1927. Dunia jurnalisisi digeluti jauh daripada sajakya. Dan novel ladang perminus ini adalah salah satu dari karya satra yang telah dibuatnya.

            Buku ini menceritakan tentang seseorang yang melawan arus sebagai setaf terpecaya. Hidayah tidak bisa menutup matanya dari tindakan korupsi dan manipulasi yang menggelegak di kantornya. Tetapi sebagai bekas pejuang 45, yang jujur dan idialitis, ia bersifat mengikuti hati nuraninya sendiri sekalipun harus berjudi dengan karir, kesehatan, dan percalonanya menjadi wakil jawa bwrat. Dengan gejolak perekonomian Indonesia akibat harga minyak yang pada 70 – an, dunia dalam novel ini menjadi sangat kontekstual.

            Ketegangan yang terdapat pada novel ini, ialah saat Hidayah menerima surat yang diberikan oleh direktur utama dikantornya, yang menyatakan bahwa hidayah hidayah dibebaskan dari segala tugas dan tidak diperkenankan masuk kantor sampai adanya pemberitaan lagi. Karena itu lah Hidayah menjadi benci kepada rekan – rekan kantornya.

            Keungulan buku ini terletak pada gaya bahasa yang singkat dan padat, sehingga maksud dari isinya mudah dipahami. Disertai dengan pembentukan watak tokohnya yang kuat. Dan satu lagi yang menyebabkan buku ini menarik untuk dibaca, karena dengan membacanya kita akan tau tentang dunia berpolitik.




                                                           
                        Nama   : I Komang Agus Supriana
                                                                                    Nomer : 1 ( Satu)
                                                                                    Kelas   : XI IPA – 1



TUGAS BAHASA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·