Google Translate

STRONGYLOSIS



            Merupakan penyakit parasit yang umumnya menyerang bangsa kuda dan disebabkan oleh Strongylus sp. ( S. equinus, S. edentatus, S. vulgaris). Predeleksi cacing ini pada caecum dari kuda.

Penularan
            Kuda terinfeksi cacing ini bila memakan rumput yang tercema larva infektif.

Pathogenesa
            Cacing strongylus sp. yang mempunyai buccal capsul besar merusak/mukosa dinding usus besar dan aktif menghisap darah, merusak epithel usus dan menyebabkan ulserasi-ulcerasi kecil berdarah akibat perlekatan cacing dewasa pada mukosa usus besar.
Migrasi larva (std 3 dan std 4) menimbulkan lesi pada mukosa usus halus dan usus besar. Juga lesi pada sistem arterial di daerah kranial arteri mesentrika (larva S. vulgaris). Peradangan terjadi pada lapisan media dan menimbulkan endarteritis dan pembentukan trombus. Trombus ini berbahaya bila terjadi di daerah pangkal arteri. Infeksi fatal disebabkan 4000 larva dengan perdarahan yang meluas pada hati dan pankreas. Migrasi larva ke ruang peritonium menimbulkan perdarahan pada hati, peritonitis dan pankreas.
Infeksi berat terjadi anemia dengan tipe normorkromik normositik dihubungkan penurunan kemampuan hidup sel darah merah dan meningkatkan katabolisma albumin.

Gejala klinis
Dipengaruhi oleh beberapa faktor : jumlah larva yang menginfeksi, umur kuda dan daya tahan tubuh. Gejala klinis yang terlihat anemi, kelemahan kekurusan dan diarhe. Gejala kolik dan enteritis ganggern disebabkan oleh s. vulgaris.

Diagnosa
-          gejala klinis
-          pemeriksaan faeses

pengobatan
-          Phenothiazine 66 mg/kg bb
-          Pyrantel tartrat 110 mg/kg bb
-          Thiabendazole 200 mg/kg bb

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·