Google Translate

Akreditasi Rugikan PTS


                                                            Nama : I Putu Cahyadi Putra
                                                            Gugus : 15
                                                            No Absen :28
                                                            Fakultas : Kedokteran Hewan
Akreditasi Rugikan PTS
Sesuai sengan artikel yang saya baca, saya dapat menganalisis bahwa akreditasi memang merugikan bagi PTS. Hal itu dikarenakan oleh standar akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT terlalu tinggi dan mengacu pada dunia. Namun kita sadari bersama bahwa pendidikan di Indonesia belumlah maksimal. Untuk perguruan tinggi negeri saja belum mampu semuanya memiliki kualitas dunia, apalagi dengan perguruan tinggi swasta. Sebenarnya BAN-PT harus memiliki standar akreditas yang sesuai dengan kemampuan perguruan tinggi yang ada, tidak hanya menginginkan go internasional tanpa memperhatikan aspek-aspek yang ada di PTS tersebut.
Kualitas PTS di Indonesia yang belum memadai dan belum sepenuhnya mendapatkan peningkatan kualitas pendidikan dari negara membuat PTS sulit bersaing di kancah Internasional yang semakin modern. Karna itu kualitas PTS perlu diperbaiki dulu sebelum melakukan akreditasi yang menyeluruh. Untuk mendapat akreditas C pun sulit bagi PTS yang ada di Indonesia, karena standar yang dikeluarkan oleh BAN-PT terlalu tinggi. Untuk lebih efektifnya diharapkan ada badan akreditasi lain yang dibuat oleh pemerintah guna memperbaiki standar mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Badan – badan akreditas tersebut harus bertanggung jawab atas tindakan mengakreditas program studi yang ada di PTS. Dengan dilancarkannya hal itu dapat meningkatkan mutu pendidikan yang ada, sehingga BAN-PT tidak semena – mena dalam melakukan tugasnya.
Yang harus diperhatikan lagi adalah pemerintah harus melakukan pengawasan kepada badan akreditasi tersebut, agar nantinya dapat berjalan dengan baik. Dan jika BAN-PT masih tetap mematok standar dunia, ditakutkan nantinya PTS tidak akan berkembang. Padahal PTS di daerah sangat diperlukan oleh masyarakat daerah itu sendiri, akibatnya pendidikan tidak akan berjalan dengan lancar. Hal ini sangat bertentangan dengan program pemerintah untuk membuat masa depan Indonesia berpengetahuan. Karena itu diharapkan BAN-PT harus memaklumi keadaan yang ada di Indonesia agar nantinya tidak ada pertentangan yang membuat perpecahan yang merugikan bangsa sendiri. Pantaslah perguruan tinggi swasta menolak adanya akreditasi karena hal itu sangat merugikan bagi daerah dan umumnya negara.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Akreditasi yang mengacu pada tarap internasional perlu agar kita bisa bersaing untuk menghadapi era perdagangan bebas, akreditasi juga perlu agar kita mengetahui seberapa baik PTS maupun PTN, dan tidak selamanya PTN lebih baik dari PTS

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·