Google Translate

ANTIGEN YANG BERASAL DARI VIRUS

ANTIGEN YANG BERASAL DARI VIRUS

Antigen virus adalah racun atau zat lain yang dilepaskan oleh virus yang menyebabkan respon kekebalan pada host. Antigen adalah menyebabkan gejala-gejala umum yang berhubungan dengan infeksi virus, seperti demam. Meskipun tanggapan yang disebabkan oleh antigen virus dapat mengganggu, ini merupakan tanda pertama bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh.

Ketika virus memasuki tubuh orang atau binatang, ia melepaskan protein, racun, atau enzim ke dalam aliran darah. Ini dapat menyebabkan tubuh memberikan respon imun terhadap virus itu. Jika pertahanan tubuh kalah maka akan terjadi sakit. Sel-sel mengenali antigen virus sebagai benda asing dan mengirim sinyal ke otak untuk melepaskan lebih banyak sel darah putih. Setelah sel-sel darah putih, termasuk sel-sel pembunuh (Natural killer), yang dirilis dalam jumlah yang lebih tinggi, mereka memburu dan menghancurkan sel-sel virus. Jadi antigen virus itu sebenarnya adalah zat – zat yang dikeluarkan oleh racun yang dapat bersifat toksik pada tubuh.

Proses ini adalah bagaimana sistem kekebalan tubuh mengenali penyakit dan bertindak untuk menghancurkannya. Gejala seperti demam, bengkak, atau nanah di daerah-daerah tertentu berarti bahwa sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya. Respon kekebalan yang disebabkan oleh antigen virus juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, pilek, peradangan, dan gejala lain seperti penumpukan lendir di tenggorokan, hidung, atau dada.

Dalam beberapa kasus, antigen virus tidak dapat dilepaskan atau tidak dapat dideteksi. Hal ini menyebabkan infeksi namun tidak menyebabkan gejala, atau mereka yang tertidur selama berminggu-minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Human immunodeficiency virus (HIV) sering tidak menimbulkan sakit sampai bertahun-tahun setelah terpapar. Ini tidak berarti bahwa HIV tidak menghasilkan antigen, tetapi tubuh tidak menghasilkan respon kekebalan yang kuat.

Banyak sekali respon kekebalan yang disebabkan oleh antigen virus adalah bagian paling berbahaya dari yang terinfeksi virus. Meskipun beberapa infeksi virus melakukan kerusakan pada mereka sendiri, sistem kekebalan tubuh itu sendiri menyebabkan gejala begitu parah sehingga mereka menjadi mematikan ke orang yang terinfeksi. Misalnya, flu dapat mengakibatkan peradangan yang ekstrim dan kemacetan di paru-paru.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·