Google Translate

TRICHURIASIS



Trichuriaris adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing Trichuris sp. yang dapat menyerang ternak sapi, kambing, domba, babi, dan anjing engan lokasi parasit pada caecum.
Etiologinya :
T. suis ------     : pada babi
T. Ovis-----      : kambing, domba dan sapi
T. vulvis---       : anjing

Cara penularan : penularan dari penyakit ini adalah secara langsung yaitu melalui makanan yang tercemar telur infektif.


Pethogenesis
Kerusakan yang ditimbulkan dari penyakti ini tergantung dari spesies yang diserang. Pada manusia dan anjing dapat menyebabkan peradangan pada caecum. Cacing menempel pada mukosa caecum dengan alat penghisap yang menembus mukosa sampai pembuluh darah kapiler dan cacing ini menghisap makanan darah. Kadang-kadang ditemukan perdarahan dan odema pad mukosa caecum. Bila terjadi infeksi akut terjadi diarhe profus. Pada babi dilaporkan bahwa infeksi cacing ini menyebabkan nekrosis, perdarahan dan oedema pada sekum babi (terutama babi berumur 8-14 minggu).

Gejala Klinis
Pada infeksi berat terjadi gejala anemia, nafsu makan menurun, dehidrasi, diarhe, lemah dan penurunan berat badan

Diagnosa
Melakukan pemeriksaan feses untuk menemukan telur cacing yang bentuk khas dimana pada kedua ujungnya terdapat tonjolan (sumbat).

Pengobatan
-          Levamisole 7,5 mg/kg bb
-          Tetramisole : 15 mg/kg bb secara oral.

Pencegahan
Babi dipelihara dalam kandang dengan lantai terbuat dari beton. Bila digunakan halaman bertanah maka pembuangan tinja harus secara teratur dan tempat pembuangan tinja harus terbuat dari sumur beton yang tertutup agar tidak menarik kumbang. Telur cacing ini sangat resisten terhadap kondisi lingkungan dan telur infektif mampu bertahan pada lingkungan yang sesuai sampai beberapa tahun.

Pertanyaan : kelainanan apa yang ditimbulkan cacing ini pada caecum babi ?

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·