Google Translate

Contoh Karya Ilmiah Kepedulian Siswa


KEPEDULIANSISWA-SISWI SMAN 1 KENCONG TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH TAHUN AJARAN 2011-2012

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Pada masa-masa ini, kepedulian siswa-siswi terhadap lingkungan sekolah sekitar sangatlah kurang. Hal tersebut tidak dapat diingkari lagi. Kenyataannya pun dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Gambaran yang akan memperjelas bila mengamati peranan siswa-siswi SMAN 1 KENCONG terhadap kebersihan lingungan sekolah.
Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat penting yang harus dijaga dan dipelihara. Supaya dapat membantu proses terciptanya lingkungan yang sehat, bersih, dan seimbang sehingga dapat belajar dan beraktivitas dengan nyaman.
Khususnya para siswa-siswi, banyak sekali  yang membung samapah sembarangan. Hal itu sudah termasuk merusak lingkungan sekitar. Mengapa hal tersebut terjadi? Apakah kondisi tersebut dapat menjadi petunjuk bahwa remaja saat ini kurang peduli terhadap lingkungan? Apa yang menyebabkan  tidak pedulinya terhadap lingkungan tersebut?.

1.2  Tujuan penelitian  
Penelitian ini bertujuan, untuk:
(1.2.1)   Mengetahui kepedulian terhadap lingkungan sekolah.
(1.2.2)   Mengetahui penyebab kurang pedulinya terhadap lingkungan        sekolah.







BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Hakikat kepedulian lingkungan

                             Kepedulian lingkungan sekolah adalah hal yang sangat penting dan sebagai bentuk tanggung jawab sebagai makhluk sosial yang sangat tergantung  pada alam sekitar  untuk selalu menjaga dan melestarikan serta dapat berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi dari kehancuran akibat dari manusia sendiri.

2.2 Kelompok di SMAN 1KENCONG

Dapat dikelompokan sebagai berikut:
2.2.1 Kelompok peduli lingkungan
2.2.2 Kelompok  tidak peduli lingkungan
2.2.3 Kelompok acuh tak acuh terhadap lingungan

BAB III
PROSES PENELITIAN

Penelitian ini dilakukan untuk dengan cara menyebarkan angket pada masyarakat SMAN 1 KENCONG. Pengisian angket dilakukan melalui wawancara.
Narasumber  yang terpilih adalah  yang memenuhi syarat, antara lain warga SMAN 1 KENCONG termasuk para dewan guru dan petugas kebersihan sekaligus. Pemilihan  dilakukan secra secara acak dan pembatasan jumlah.

3.1 Lokasi Penelitian

Di SMAN 1 KENCONG.

3.2 Cara  Pengambila Data

Pengambilan data yang dilakukan melalui beberapa cara, yaitu angket, wawancara, dan observasi.


3.3 Cara Menganalisis Data

Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokan jawaban ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok peduli lingkungan, tidak peduli lingkungan, dan acuh tak acuh. Pengelompokan tersebut diperoleh dari hasil pertanyaan-pertanyaan angket yang diantaranya terdapat pertanyaan tertutup.
Dari hasil yang didapatkan kemudian dia adakan pengelompokan. Kegiatan ini berguna untuk menentukan kelompok terbanyak . Untuk mengambil kesimpulan tentang kepedulian siswa-siswi SMAN 1 KENCONG, dapat dilihat dari hasil analisis data. Jika kelompok peduli terhadap ligkungan lebih banyak daripada kedua kelompok yang lain maka kepedulian remaja  terhadap lingkungan dapat dikatakan besar. Sebaliknya, jika kedua kelompok lain itu yang lebih besar maka dapat disimpulkan  kepedulian remaja  dikatakan sangat kurang.


BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1 Hasil observasi
Observasi atau pengamatan dilakukan pada keseharian siswa-siswi dalam menjaga kebersihan kelas khususnya. Pengamatan dilakukan pada siang hari karena pada saat itu terkadang siswa-siswi lalai terhadap kebersihan sekitar. Tujuan pengamatan adalah untuk:
(4.1.1)  Menciptakan lingkungan yang besih dan sehat.
(4.2.2)  Terciptanya keadaan yang nyaman dan seimbang.
(4.2.3)  M engetahui tanggung jawab dan kedisiplinan siswa-siswi terhadap kebersiahan liungkungan sekolah.




4.2 Manfaat penelitian :
(1.5.1)  Bagi siswa: Dapat menjalankan kewajibannya dengan baik, bertanggung jawab,  disiplin, dan peduli lingkungan.
(1.5.2) Bagi guru: Mengetahui kepedulian siswa-siswi terhadap lingkungan serta dapat mengarahkan dan menjadi petunjuk untuk selalu peduli lingkungan.
(1.5.3) Bagi sekolah:  Dapat menciptakan siswa-siswi yang disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan  serta menciptakan sekolah yang sehat, bersih dan kebanggan bersama.
4.3 Hasil angket
(1.6.1) Hasil Angket I :
Para remaja banyak kurang peduli terhadap lingkungan. Melainkan hanya sedikit yang peduli terhadap lingkungan.
(1.6.2) Hasil Angket II :
Mempunyai kelompok yang kurang peduli dan acuh tak acuh terhadap lingkungan yang paling banyak dibandingkan dengan yang peduli terhadap lingkungan.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Berdasarkan penelitian yang dilakuakan diperoleh hasil sebagai berikut.
1. Kelompok yang peduli tehadap lingkungan paling sedikit.
2. secara umum, siswa-siswi SMAN 1 Kencong banyak yang kurang sadar dan kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan.
3. Berdasarkan hasil wawancara dengan para remaja, kurang pedulian lingkungan. karena hal-hal tersebut.
a. Perasaan yang berasal dari dalam diri contohnya, malas dan tidak mau tahu.
b. Takut kotor.
c. perasan yang memang sudah tidak peduli.

6.1 Saran-saran
Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan:
a.     Sebaiknya, menanamkan persaan peduli lingkungan pada usia dini.
b.     Hendaknya sekolah mengingatkan kepada semua pihak untuk selalu ikut serta dalam menciptan lingkungan yang sehat.
c.      Supaya melengkapi alat-alat kebersihan tersebut
d.     Diberi sanksi yang tegas jika ada siswa-siswi yang tidak taat atau membuang sampah dan merusak lingkungan sekitar sekolah.




Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·