Google Translate

BUNOSTOMIASIS



Bunostomiasis merupakan cacing kait yang umumnya menyerang ternak ruminansia terutama pada domba dan sapi. Cacing ini predeleksinya pada usus halus ruminansia.

Etiologi :
- B. phlebotomum --------        sapi
- B. trigonocehalum------         domba

Cara penularan
cara penularan penyakit ini dapat melalui dua cara jalan infeksi :
a.  Melalui kulit ---------->       hewan dapat terinfeksi apabila larva infektif (L3) menembus kulit dan larva akan melalui peredaran darah dan sampai pada usus halus.
b.      melalui makanan atau minuman yang tercemar larva infektif.

Patogenesa
Cacing dewasa dari Bonustomum sp. akan aktif menghisap darah sehingga induk semang banyak kehilangan darah, sehingga akan tampak gejala anemi. Gejala sekit akan nampak bila jumlah cacing yang menginfeksi berkisar 100 ekor cacing dan kematian terjadi pada hewan yang muda bila jumlah cacing yang menginfeksi berkisar 200 ekor. Iritasi pada usus halus akan menimbulkan keradangan pada usus halus, sehingga gejala yang nampak berupa diarhe. Akibat cacing yang menghisap darah, induk semang banyak kehilangan darah, maka terjadi hypopreteinemia. Larva yang penetrasinya melalui kulit akan terjadi iritasi pada kulit.



Gejala klinis dan diagnosa
Gejala yang timbul tergantung dari tingkat infeksi, bila terjadi infeksi berat maka timbul gejala yang nampak berupa diare, anemi, kekurusan, kelamahan berat badan menurun.
Diagnosa penyakit ini dapat melalui pemeriksaan feses untuk menemukan telur cacing.

Pengobatan : fenbendazole, Albendazole, oxfendazole 

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·