Google Translate

Contoh Resensi Novel


RESENSI NOVEL
SUPER NOVA
OLEH : I WAYAN ARNA

Judul buku                  : Super nova
Pengarang                   : Dewi lestari
Penerbit/ tahun terbit  : Truedee, terbitan IV juni 2001
Tebal buku                  : 20 halaman
Harga buku                 : Rp 32.000,00
Jumlah halaman           : 220

            “Ia memandang wajah – wajah cilik itu. Kepolosan yang hari ini akan dicoreng ambisi untuk menjadi yang paling cantik. Wajah mereka semuanya dipolesi make up yang seharusnya tidak disana. Diva memandangi kaki – kaki kecil mereka. Rata – rata memakai sepatu boots hak tinggi, rok supermini, tank top, atau jaket bermotif kulit binatang. Bahkan sekecil mereka sudah belajar berdandan seperti tukang jagal.”

            Kutipan di atas adalah penggalan dari novel supernova yang banyak bercerita tentang kehidupan manusia. Novel ini mengungkap apa dan bagaimana manusia itu, apa yang tersembunyi atau terlintas pada alam perkiraan bahwa sadarnya, juga hasil pemikiran – pemikirannya, dan apa yang sudah diperbuat manusia di atas bumi.
            Kisah – kisah yang ditulis pada novel ini sangat menarik. Namun untuk memahaminya semakin mendalam, diperlukan pengetahuan sosial, pisikologis, dan sains moderen yang memadai. Latar belakang pengetahuan ini diperlukan untuk mendukung pemahaman prilaku tokoh sebagai mahluk sosial yang dibesarkan oleh suatu budaya tertentu dan secara pisikologis dibesarkan dengan keyakinan, pengetahuan, dan harapan – harapannya. Tokoh kadang muncul berdasarkan pemikiran manusiayang sangat rasional, tetapi pada saat yang lain menjadi mahluk yang sulit dipahami. Pengarang tampaknya berhasila mengajak pembaca berkelana berpindah – pindah dari logika ke imajinasi, bahkan ilusi. Kekurangan kosa kata dibidang sains moderen dan cara berpikir konvensional dapat menjadi hambatan dalam membaca buku ini. Tetapi, tentu tidak salah bagi siapa pun yang ingin membacanya.
            Buku ini selain menghibur sekaligus menambah wawasan pengetahuan tentang sains moderen, khususnya yang berhubungan dengan teknologi komputer dan antariksa. Novel ini mengisi salah satu sisi kosong apa dunia serta indonesia yang banyak berbicara tentang konflik batiniah tokoh dengan pola hitam – putih.



                                                                                    Nama   : I WAYAN ARNA
                                                                                    Kelas   : XI IPA – 1
                                                                                    Nomer : 5

 

TUGAS BAHASA INDONESIA


Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·