Google Translate

Pemeliharaan Sapi Breeding


Pemeliharaan Sapi Breeding
Secara umum kegiatan sehari-hari yang perlu dilakukan dapam pemeliharaan dan perawatan sapi adalah :
a. Pemeberian pakan dan air minum.
Pakan diberikan 2 – 3 kali sehari, sesuai dengan kebutuhan ternak. Air minum harus selalu tersedia setiap hari dalam keadaan segar, terutama induk yang sedang menyusui. Air minum harus diganti setiap hari.
 b. Pembersihan kandang.
Kandang dibersihkan setiap hari, juga lingkungan di sekitar kandang. Kandang yang bersih selain mencegah timbulnya penyakit, juga memberikan kenyamanan bagi ternak maupun peternak.
c. Memandikan ternak
Ternak yang tidak pernah dimandikan bulunya kotor, dapat menjadi sarang kuman, parasit, dan jamur yang membahayakan kesehatan ternak. Ternak perlu dimandikan secara rutin setiap minggu sekali dan setelah dimandikan, ternak dijemur sebentar agar bulunyakering.
d. Pemotongan kuku.
Ternak sapi yang dikandangkan secara terus menerus biasanya pertumbuhan kuku lebih cepat daripada yang digembalakan. Kuku yang panjang jika dibiarkan tidak baik, karena dapat mengganggu jalannya ternak, kuku dapat patah dan mengakibatkan luka atau infeksi, dibawah telapak kuku biasanya berongga dan penuh kotoran yang ditumbihi kuman penyakit yang membahayakan kesehatan. Sebaiknya kuku dipotong secara rutin, kalau terlalu lama dibiarkan menjadi keras dam sulit memotongnya. Kuku dapat dipotong dengan menggunakan tatah atau pahat
Pemeliharaan induk bunting sebaiknya ditempatkan dalam kandang terpisah dan diberi tambahan pakan konsentrat sekitar 3 kg per hari. Perlu dilakukan exercise dengan dikeluarkan dari kandang secara rutin, sehingga pada saat beranak tidak mengalami kesulitan melahirkan.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·