Google Translate

Mata, Sensasi Visual Otak Manusia




Artikel ini mudah -  mudah berguna bagi anda yang membutuhkannya.

            Mata merupakan organ yang penting bagi manusia. Bisa dikatakan mata adalah jendela bagi manusia, sebab mata memproyeksikan benda – benda di sekelilingnya dan mengubahnya menjadi sensasi visual yang dapat dimengerti oleh otak manusia. Otak manusia memiliki 2 area khusus untuk sensasi mata, yaitu area yang menerima sensasi visual dari mata dan area yang menterjemahkan  sensasi visual tersebut agar dapat dimengerti manusia. Jika salah satu area tersebut mengalami gangguan, maka proses pengindraan visual juga akan terganggu, tidak dapat melihat atau tidak mengerti apa yang dilihat.
            Prinsip kerja dari mata sama dengan prinsi kerja dari kamera konvensional. Kamera tersebut mengadopsi prinsip kerja mata manusia. Ada beberapa gangguan mata yang umum terjadi di antaranya gangguan visus, inflamasi dan infeksi, serta gangguan tumor.

Gangguan Visus
            Gangguan penglihatan yang disebabkan proyeksi cahaya yang tidak tepat jatuh pada retina mata. Gangguan – gangguan yang umum antara lain :
1.      Hipermetrop/Hipermetropi, kurang jelas melihat benda – benda yang dekat dengan mata akibat lensa kurang bisa mencembungkan (membiaskan cahaya lebih dekat), sering disebut mata plus.
2.      Miop/Miopi, kurang jelas melihat benda – benda yang jauh akibat lensa kurang bisa memipih (membiaskan cahaya lebih jauh) yang disebut mata minus.
3.      Presbiop/Presbiopi, atau yang disebut mata tua. Hal ini disebabkan lensa kurang elastis sehingga benda – benda yang sangat jauh atau sangat dekat kurang jelas terlihat.
4.      Katarak, kurang jelas akibat lensa menjadi keruh, biasanya karena proses penuaan.

Gangguan – gangguan tersebut dapat dibantu dengan penggunaan kacamata ataupun lensa kontak. Beberapa gangguan penglihatan yang lain merupakan bagian dari penyakit – penyakit mata khusus yang tidak dapat dibantu dengan kacamata ataupun lensa kontak. Khusus untuk katarak, hanya bisa dilakukan operasi. Jika tidak dipasang implant lensa, maka mata akan menjadi minus.


Kata Kunci
Prinsip kerja dari mata
Gangguan mata
Gangguan visus
Hipermetropi
mata minus
mata plus
Katarak

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·