Google Translate

Histologi Sistem saraf pusat


By : Cahyadi Putra 
Sistem saraf pusat adalah sistem saraf yang mengandung pusat pengelola rangsang saraf, rangsang ini setelah ditafsirkan dapat disimpan atau diteruskan ke sistem saraf tepi untuk menimbulkan tanggapan.
Sistem saraf pusat, selanjutnya disebut SSP, terdiri atasotak dan medula spinalis. Keduanya tersusun atas substansi putih (substansia alba) dan substansi abu-abu (substansia grisea). Perbedaan ini terjadi akibat komposisi penyusun substansia alba yakni akson bermielin; dan substansia grisea yakni perikarion (soma, badan) sel saraf, dendrit, serta akson tak bermielin.
a. Otak
Secara keseluruhan otak terbagi atas:
1. Otak besar, atau cerebrum;
Otak besar tersusun atas dua belahan (cerebral hemisphere) kiri dan kanan. Di bagian tepi luar (korteks) terdapat substansia grisea, lalu semakin ke dalam dibatasi dengan substansia alba, dan di bagian paling dalam terdapat nukelus yang merupakan substansia grisea. Lapisan yang menyusun otak besar berlekuk-lekuk, membentuk struktur sulkus dan girus. Lapisan ini jika ditinjau secara mikroskopik akan terlihat bahwa tersusun atas enam lapisan, yakni:
·        Lapisan molekular, merupakan lapisan terluar dan terletak tepat di bawah lapisan pia. Terdapat sel horizontal (cajal) yang pipih dengan denrit dan akson yang berkontak dengan sel-sel di lapisan bawahnya (sel piramid, sel stelatte).
·        Lapisan granular luar, sebagian besar terdiri atas sel saraf kecil segitiga(piramid) yang dendritnya mengarah ke lapisan molekular dan aksonnya ke lapisan di bawahnya; sel granula (stelatte) dan sel-sel neuroglia.
·        Lapisan piramid luar, terdapat sel piramid yang berukuran besar (semakin besar dari luar ke dalam). Dendrit mengarah ke lapisan molekular; akson mengarah ke substansia alba.
·        Lapisan granular dalam, merupakan lapisan tipis yang banyak mengandung sel-sel granul (stellate), piramidal, dan neuroglia. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling padat.
·        Lapisan piramidal dalam, suatu lapisan yang paling jarang, banyak mengandung sel-sel piramid besar dan sedang, selain sel stelatte dan Martinotti. Sel Martinotti adalah sel saraf multipolar yang kecil, dendritnya mengarah ke lapisan atas dan aksonnya ke lateral.
·        Lapisan sel multiform, adalah lapis terdalam dan berbatasan dengan substansia alba, dengan varian sel yang banyak (termasuk terdapat sel Martinotti) dan sel fusiform.
Otak besar merupakan pusat belajar, ingatan, analissi informasi, inisiasi gerakan motorik, dan merupakan pusat integrasi informasi yang diterima.
Nukelus (nucleus; nuclei: jamak) merupakan kumpulan dari perikarion neuron yang terdapat di dalam SSP (bdk: ganglion di SST). Misal: basal nuclei.
Di substansia alba cerebrum terdapat banyak serat-serat yang menghubungkan berbagai daerah korteks dalam hemisfer yang sama (asosiasi); menghubungkan antarhemisfer (komisura);dan menghubungkan ke nukleus di bawahnya (proyeksi).

2.Otak kecil, atau cerebellum;
Serebelum juga tersusun atas substansia grisea yang terletak di tepi (dinamakan korteks serebeli). Korteks serebeli tersusun atas tiga lapisan:
·         Lapisan molekular, lapisan terluar dan langsung terletak di bawah lapisan pia dan sedikit mengandung sel saraf kecil, serat saraf tak bermielin, sel stelata, dan dendrit sel Purkinje dari lapisan di bawahnya.
·         Lapisan Purkinje, disebut lapisan ganglioner, banyak sel-sel. Purkinje yang besar dan berbentuk seperti botol dan khas untuk serebelum. Dendritnya bercabang dan memasuki lapisan molekular, sementara akson termielinasi menembus substansia alba.
·         Lapisan granular, lapisan terdalam dan tersusun atas sel-sel kecil dengan 3-6 dendrit naik ke lapisan molekular dan terbagi atas 2 cabang lateral.
3.      Otak tengah (mesensefalon)
Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur refleks mata seperti penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran.
4.      Sumsum sambung (medulla oblongata)
Sumsum sambung berfungsi menghantar impuls yang datang dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum sambung juga memengaruhi jembatan, refleks fisiologi seperti detak jantung, tekanan darah, volume dan kecepatan respirasi, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan.
            Selain itu, sumsum sambung juga mengatur gerak refleks yang lain seperti bersin, batuk, dan berkedip.
5. Jembatan varol (pons varoli)
            Jembatan varol berisi serabut saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, juga menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang.

b. Medula Spinalis
Bagian luar medula spinalis merupakan substansia alba, sementara bagian dalamnya merupakan substansia grisea, dengan bentuk menyerupai huruf H atau kupu-kupu. Di bagian tengah substansia grisea terdapat kanal yang dinamakan kanalis sentralis.
Substansia alba berisi akson-akson yang merupakan jaras-jaras baik sensorik maupun motorik yang meneruskan impuls saraf dari/atau otak dan organ-organ perifer. Fasikulus-fasikulus jaras sensorik dan motorik terkelompokkan menjadifunik ulus. Di medula spinalis dapat ditemukan funikulus dorsal, ventral, dan lateral.
Substansia grisea mengandung perikarion dan banyak ditemukan sinaps neuron. Wilayah ini dapat dikelompokkan menjadi tiga. Kornu anterior (ventral) adalah bagian sayap yang gemuk dan banyak mengandung sel-sel motorik multipolar yang berbentuk poligonal.Kornu posterior (dorsal) adalah bagian sayap yang lebih kecil dan banyak ditemui sinaps dari saraf aferen, serta interneuron. Kanalis sentralis merupakan saluran yang berhubungan dengan ventrikel keempat otak, yang dilapisi oleh sel-sel ependimal.
c. Meninges
Otak dilindungi oleh kulit dan tengkorak, serta dengan meninges, yakni selaput pelindung otak dan terdiri atas tiga lapisan. Sementara itu, medula spinalis juga dilindungi oleh meninges.
Duramater, lapisan terluar meninges, merupakan lapisan yang tebal dengan kolagen yang tinggi. Tersusun lagi atas dua lapis, yakni periosteal duramater, lapisan lebih luar, terususun atas sel-sel progenitor, fibroblas. Lapisan ini menempel dengan permukaan dalam tengkorak. Pembuluh darah ditemui dengan mudah di lapisan ini. Meningeal duramater, sedikit mengandung pembuluh darah kecil dan dilapisi epitel selapis gepeng yang berasal dari mesoderm pada permukaan dalamnya.
Kedua lapis duramater otak menyatu, namun memisah pada bagian-bagian tertentu, membentuk sinus venosus.
Arachnoid adalah suatu lapisan tanpa pembuluh darah, tipis, serta halus. Lapis ini mengandung fibroblas, kolagen, dan serat elastis. Arachnoidea mater; disebut demikian karena bentuknya seperti sarang labah-labah. Di dalamnya terdapat cairan yang disebut liquor cerebrospinalis; semacam cairan limfa yang mengisi sela sela membran araknoid. Fungsi selaput arachnoidea adalah sebagai bantalan untuk melindungi otak dari bahaya kerusakan mekanik.
Piameter. Lapisan terdalam yang mempunyai bentuk disesuaikan dengan lipatan-lipatan permukaan otak.
d. Sawar Darah Otak (Blood Brain Barrier)
Struktur yang membentuk lapisan “penyeleksi” zat-zat yang dapat berada di dalam jaringan parenkim otak. Mekanisme ini sangat penting untuk menjaga kinerja otak dengan optimal, mengingat perubahan sedikit saja pada lingkungan sekitar otak dapat mengakibatkan gangguan, semisal konduksi saraf yang tidak berjalan dengan baik.
Sawar darah otak tersusun atas tiga komponen, yakni dinding sel endotel, di mana terdapat tight junction (taut sekap) antarsel sehingga menghalangi lewatnya zat melalui celah ini. Basal lamina sel endotel dan Kaki-kaki perivaskular astrosit juga mencegah masuknya zat-zat tak diinginkan. Astrosit dapat membuang kelebihan ion K+ dan neurotransmiter dari lingkungan sekitar neuron. Fungsi ini dapat mempertahankan keseimbangan komposisi zat dan ion di ruang interselular SSP.

2.2 Sistem saraf tepi
            Sistem saraf tepi, selanjutnya disebut SST, tersusun atas akson- akson yang keluar menuju organ efektor dan diorganisasikan menjadi saraf. Akson SST pada ummnya termielinasi, sehingga terlihat berwarna putih.
Organisasi akson-akson saraf tepi menjadi berkas saraf melalui jaringan pengikat
            Saraf-saraf tepi terdiri atas serabut-serabut saraf (akson) yang saling berkumpul bersama, dan disatukan melalui jaringan penyambung, sehingga menghasilkan kumpulan serabut saraf, disebut dengan fasikulus. Dalam satu fasikel pada umumnya mengandung persarafan baik sensorik maupun motorik. Beberapa fasikulus membentuk bundel berkas serat saraf. Bundel berkas serat saraf ini diikat oleh Epineurium, yakni suatu jaringan ikat yang padat, tidak beraturan, tersusun mayoritas oleh kolagen dan sel-sel fibroblas. Epineurium menyelimuti beberapa fasikulus yang bersatu membentuk saraf. Di epineurium pula bisa ditemukan pembuluh darah. Ketebalan epineurium bervariasi, paling tebal di daerah dura yang dekat dengan SSP, makin tipis hingga percabangan saraf-saraf ke arah distal.
            Perineurium adalah selaput pembungkus satu fasikulus yang tersusun atas jaringan ikat padat kolagen yang tersusun secara kosentris, serta sel-sel fibroblas. Di bagian dalam perineurium terdapat pula lapisan sel-sel epiteloid yang direkatkan melalui zonula okludens; serta dikelilingi oleh lamina basal yang menjadikan suatuba rrie r (sawar) materi bagi fasikulus.
            Endoneurium adalah lapisan terdalam yang mengelilingi satu akson. Lapisan ini tersusun ats jaringan ikat longgar (berupa serat retikuler yang dihasilkan oleh sel Schwann yang bertanggung jawab untuk akson tersebut), sedikit fibroblas, dan serat kolagen. Di daerah distal akson, endoneurium hampir tidak ada lagi, hanya menyisakan sedikit serat retikuler yang menyertai basal lamina sel Schwann.

Ganglia
          Ganglion merupakan kumpulan soma neuron (badan sel saraf) yang terletak di luar SSP. (Disebutnuk el us /nuklei jika terletak di SSP), Dikarenakan soma neuron motorik berada di dalam SSP, hanya dikenal 2 macam ganglion, yakni ganglionotonom (kumpulan soma neuron eferen viseral), dan ganglions e ns orik (kumpulan soma neuron aferen).
          Ganglion otonom merupakan “penghubung” antara saraf eferen praganglion yang berasal dari SSP (dapat berasal dari kranial; ataupun spinal) dengan saraf eferen pascaganglion yang akan menginervasi organ efektor viseral. Perlu diingat bahwa saraf praganglion umumnya termielinasi, dan tidak untuk saraf pascaganglion (namun tetap terlingkupi olehe nve lop e sel Schwann).
            Dalam persarafan simpatis, saraf preganglion bersinaps dengan saraf postganglion di: (1) ganglia yang berada di dekat medula spinalis, membentuk seperti suatu ranting pohon, yang disebut dengan sympathetyic chain ganglia; atau (2) ganglia kolateral, yang terletak di sepanjang aorta abdominal.
            Persarafan parasimpatis memiliki ganglia yang terletak di dekat dengan efektor, dikenal dengan sebutan ganglia terminal.
            Ganglia (ganglion, tunggal) sensorik adalah kumpulan soma neuron aferen. Neuron aferen ini terdiri atas saraf kranial V, VII, IX, X; serta setiap saraf spinal yang berasal dari medula spinalis. Ganglia sensorik saraf spinal diberi nama dorsal root ganglia; sementara ganglia sensorik kranial diberi nama sesuai dengan lokasi dan efektor. Ganglia sensorik mengandung sel saraf unipolar (atau sering disebut pseudounipolar). Sel saraf demikian mengandung cabang sentral yang masuk menuju SSP; dan cabang perifer yang pergi menuju organ yang diinervasi. Sel kapsul berbentuk kubus melingkupi soma, dan sel-sel kapsul ini dikelilingi jaringan penghubung yang tersusun atas sel- sel satelit dan serat kolagen.

21 comments:

Anonymous said...

Great article! That is the kind of info that should be
shared across the internet. Disgrace on Google for no longer positioning this submit upper!
Come on over and seek advice from my web site . Thank you
=)
Also visit my web site ... Bielizna Damska

Anonymous said...

Pretty! This was an extremely wonderful post. Thanks for supplying these
details.
my site :: halloween costume ideas

Anonymous said...

My brother suggested I might like this website. He was once entirely right.
This post truly made my day. You can not believe just how much time I
had spent for this information! Thank you!
Feel free to surf my homepage onlie money making guide

Anonymous said...

Very rapidly this web page will be famous among all blog viewers,
due to it's pleasant posts
My site: Health Benefits

Anonymous said...

Wonderful beat ! I would like to apprentice while you amend your website,
how can i subscribe for a weblog site? The
account aided me a appropriate deal. I had been tiny bit acquainted of this
your broadcast offered bright transparent concept
Take a look at my web site - natural supplement

Anonymous said...

Hello! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
Is it very hard to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking about
creating my own but I'm not sure where to start. Do you have any ideas or suggestions? Thank you
Here is my site ... Website Hosting Seo

Anonymous said...

It's a shame you don't have a donate button!

I'd definitely donate to this superb blog! I suppose for now i'll settle for
bookmarking and adding your RSS feed to my Google
account. I look forward to fresh updates and will share this
website with my Facebook group. Talk soon!
Review my blog - www.ephoneweb.com

Anonymous said...

Hi are using Wordpress for your blog platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and create my own.
Do you require any coding expertise to make your own blog?
Any help would be really appreciated!
Look at my site ... Product reviews

Anonymous said...

It's in fact very difficult in this full of activity life to listen news on Television, so I just use world wide web for that purpose, and take the most recent news.
Feel free to visit my weblog - shopping gadgets

Anonymous said...

Hi, this weekend is nice in support of me, since this time i am reading
this enormous educational piece of writing here at my house.
Also visit my webpage costume jewelry

Anonymous said...

I've been browsing online more than 4 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before.
My web site > http://etats-generaux.creatif-public.net/index.php?title=Utilisateur:AlfieLin

Anonymous said...

Woah! I'm really enjoying the template/theme of this site. It's simple, yet effective.
A lot of times it's tough to get that "perfect balance" between usability and appearance. I must say you've done a fantastic
job with this. In addition, the blog loads super fast for me on Firefox.
Superb Blog!
Feel free to visit my homepage :: plumbing fixture

Anonymous said...

Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.
Here is my blog - how to quit smoking

Anonymous said...

Heya! I'm at work browsing your blog from my new iphone 4! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Carry on the fantastic work!
My website - managed hosting

Anonymous said...

Fascinating blog! Is your theme custom made or
did you download it from somewhere? A design like yours with
a few simple adjustements would really make my blog
jump out. Please let me know where you got your theme. Thanks
Here is my webpage ; email marketing

Anonymous said...

Everyone loves it when people get together and share ideas.
Great website, keep it up!
Feel free to surf my blog post ; payroll checks

Anonymous said...

Hmm it looks like your blog ate my first comment (it was extremely
long) so I guess I'll just sum it up what I had written and say, I'm thoroughly
enjoying your blog. I too am an aspiring blog writer
but I'm still new to everything. Do you have any tips for novice blog writers? I'd certainly appreciate it.
Feel free to visit my web site ... http://mx5ireland.com/infowiki/index.php?title=Picking_Products_In_GNC_Coupons

Anonymous said...

hello!,I really like your writing so so much!
percentage we keep up a correspondence extra approximately your article on AOL?
I need a specialist in this space to resolve my problem.
Maybe that is you! Having a look forward to look you.


Also visit my weblog Http://Development.ustudioltd.co.Uk/Profile-6730/Info/
My site - working at home

Anonymous said...

When someone writes an post he/she maintains the
image of a user in his/her brain that how a user can know it.
Therefore that's why this post is great. Thanks!

Here is my blog - Make Money Online For Free

Anonymous said...

This info is invaluable. When can I find out more?


Visit my blog :: stop smoking now

Anonymous said...

Good day! I know this is kind of off topic but I was wondering which
blog platform are you using for this website?

I'm getting tired of Wordpress because I've had issues with hackers and I'm looking at options for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

Here is my blog: widyawisatabanten.com

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·