Google Translate

Cerpen Anak SMP/SMA : Pernikahan Di Umur Muda

Jenis Cerpen : Kebudayaan Bali

         Luh Sunarti sedang meratapi nasibnya. Di bawah sinar yang begitu indahnya ia termenung sendirian. Entah apa yang ia pikirkan, entah sedang memikirkan pelajaran atau masalah keluarga.
         Luh Sunarti adalah siswa SMA kelas dua. Sehari harinya ia biasa saja namun ia memiliki kelebihan dari teman – temannya. Ia pernah mengikuti Olimpiade Biologi dan syukurnya mendapat juara III di tingkat kabupaten.
         Tak sebentar ia termenung  di lantai  teras rumahnya. Dalam hatinya ia berkata  “ Apa yang harus aku perbuat dengan dosaku ini, ya Hyang Widhi berikanlah hambamu ini petunjuk untuk menjalani cobaan ini “. Ia terus termenung hingga pukul 11 malam. Akhirnya ia ke kamarnya dengan hati yang gundah, meski demikian ia dapat tidur denngan lelapnya.

         Keesokan harinya ia terbangun dari tidurnya. Hari itu adalah hari rabu ia harus pergi ke sekolah. Setelah ia selesai sarapan dan pamitan dengan orang tuanya ia berangkat dengan tergesa – gesa. Sesampainya di sekolah ia bertemu dengan Arnata kakak kelasnya. Kakak kelasnya itu menghampirinya dan berkata “ pagi Narti” belum selesai Arnata berkata, Sunarti menyela “ Nata tanggung jawab dengan perbuatanmu “ kata Sunarti dengan nada yang kecewa dam marah. “ Baik – baik tapi tunggu sampai aku tamat dulu “ kata Arnata dengan nada gelisah. “ Apa ? menunggumu sampai selesai sekolah? Bagaimana nasib anak ini? “ tanya Sunarti dengan mata sedikit berair. “ Ya jaga dong atau kamu berenti sekolah dulu “ jawab Anarta. “ Pokoknya aku mau kamu tanggung jawab sekarang “ bentak Sunarti. Arnata tidak menjawab dan memalingkan muka dari Sunarti akhirnya pergi begitu saja. “ Dasar laki – laki tidak bertanggung jawab “ bentak Sunarti. Arnata tetap pergi tanpa menghiraukan apa – apa.

         Sepulang sekolah ia pun berlari menuju rumahnya. Masih dengan wajah cemberut mata yang sedikit berair menggambarkan suasana hatinya yang gundah. Sesampainya dirumah, ia berfikir sejenak memikirkan nasib anak yang dikandungnya. Apakah ia harus menggugurkannya atau kawin dengan Arnata ayah bayi malang itu. Orang tuanya pun belum tau dengan masalah yang sedang menimpanya. Ia bingung harus berbuat apa. Akhirnya ia memutuskan untuk mengatakan hal ini pada ibunya.
         Malamnya sesudah makan malam ia berkata pada ibunya, “ Buk aku mau mengatakan sesuatu “ bisiknya dengan nada cemas. “ Apa itu ? “ tanya ibunya penasaran. “ Gini bu aku hamil “ kata Sunarti agak gugup. “ Apa ? “ kejut ibunya. “ Aku hamil bu “ kata Sunarti dengan mengeluarka air mata. “ Siapa yang menghamilimu nak? “ tanya ibinya gelisah? “ Arnata buk pacarku itu “ katanya dengan mimik yang tak pasti sambil menahan tangisnya. Ibunya terdiam dan akhirnya berkata “ Gini nak karena hal ini telah terjadi lebih baik kamu suruh si Arnata untuk bertanggung jawab “ kata ibunya hingga mengelurka air mata. “ Aku sudah suruh buk tapi ia tak mau “ katanya. “ Apa ? dia tidak mau ? baiklah Ibu dan bapak akan kesana sekarang untuk meminta pertanggung jawabannya “ kata ibunya berlari menghampiri bapaknya. Setelah semuanya diceritakan dengan terperinci akhirnya dua orang tua itu pergi ke rumah Arnata yang tak jauh dari rumahnya.

         “ Tok, tok, tok “ suara pintu diketuk. Pintu pun dibuka yang membukanya tidak lain adalah Arnata. Ia terkejut dan ketakutan “ apa yang harus aku perbuat sekarang “ katannya dalam hati. “ Nak “ kata ibu Sunarti. Seketika Arnata tersentak “ Apa Buk “. “ Dimana Orang tuamu? “ tanya pak Sunarti. “ Ada di dalam pak, silahkan masuk“ jawabnya. Setelah beberapa lama akhirnya pak Arnata dan istrinya datang. “ Ada apa ya Pak kok tumben malam – malam datang kemari? tanya pak Arnata heran. “ Begini pak kami mau meminta pertanggung jawaban dari anak bapak “ kata pak Sunarti dengan tegas. “ Pertanggung jawaban apa ya pak ?” tanya buk Arnata penasaran. “ Gini buk anak ibu telah menghamili anak kami, Sunarti “ jelas pak Sunarti. “ Apa? “ kedua orang tua Arnata terkejut. “ Apa benar itu Ta ?“ kata pak Arnata membentak anaknya. “ Benar pak “ katanya sambil menundukan kepalanya. “ Plak “ tabokan menghantam muka Arnata. “ Aduh pak Ampun!!!!! Ampun!!!!” Arnata merintih kesakitan. “Sudah - sudah pak tak perlu melakukan kekerasan, yang terjadi biarlah terjadi “ kata Buk Sunarti. “ ya ya benar itu pak “ tambah Buk Arnata. “ Lebih baik kita antenin saja mereka berdua “ kata buk Sunarti tegas. “ Baiklah “ kata pak Arnata singkat.

         Beberapa minggu kemudian diadakanlah upacara pernikahan. Upacaranya tidak begitu meriah namun banyak teman – teman Sunarti dan Arnata yang menghadirinya. Alangkah malunya mereka dengan teman – temannya. Akhirnya mereka kawin muda.


                                                                                                            TAMAT

Lihat Juga :
 

2 komentar:

Adams Aghata mengatakan...

Terima kasih, artikelnya bisa buat pertimbangan nikah muda
Artikelnya keren abis dehh

PAk JUSTAN DI BATANG mengatakan...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·