Google Translate

Potensi Teh




Siapa sih yang gak kenal dengan teh? Teh terkenal dengan khasiatnya sebagai antioksidan (seperti yang diiklankan di tv –tv hehe) nah berikut adalah beberapa informasi tentang tanaman teh yang saya kutip dari jurnal tentang tanaman ini, selamat membaca.

Tanamanteh (Camellia sinensis (L.) O.Kuntze) adalah tanaman perkebunan yang termasuk bahan penyegar. Hasil tanaman berupa pucuk daun diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan minuman. Mengkonsumsi teh selain menyegarkan tubuh, ternyata juga memberi manfaat bagi kesehatan. Senyawa bermanfaat yang dikandung pucuk teh antara lain adalah polifenol dan flourida. Polifenol bermanfaat sebagai anti kanker dan fluorida bermanfaat bagi kesehatan gigi (Pambudi, 2000).

Pemenuhan permintaan dari pasar dalam dan luar negeri terhadap produk tanaman teh Indonesia memerlukan kontinuitas dan peningkatan produksi teh adalah pemupukan yang dilakukan dengan tetap mempertahankan bahkan meningkatkan kesuburan tanah. Volume ekspor daun teh kering Indonesia mengalami peningkatan dari 94 ribu ton pada tahun 1999 menjadi 97,8 ribu ton tahun 2001. Nilai ekspor teh Indonesia juga meningkat dari 92 juta US $ pada tahun 1999 menjadi 97 juta US $ tahun 2001 (Badan Pusat Statistik, 2002).

Tanaman teh dipanen secara teratur daun muda atau pucuknya. Agar pucuk daun yang dihasilkan kontinu dan optimal, maka tanaman teh terus diperthankan untuk berada dalam fase vegetatif.

Pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) menjadi topic yang memperoleh perhatian besar dari pakar lingkungan, pertanian dan konsumen . Salah satu bentuknya adalah peranian organic yang umumnya diterapkan di Negara-negara berkembang seperti Korea, Hongkong, Cina, Thailand, dan Indonesia. Ciri yang menonjol dalam pertanian ini adalah pemakaian pupuk organik atau substansi-substansi yang mencirikan produk alamiah.


Sumber : Intan Ratna Dewi, dalam jurnal PENGARUH KOMBINASI KONSENTRASI PUPUK HAYATI DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP KUALITAS DAN KUANTIAS HASIL TANAMAN TEH (Camellia sinensis (L.) O.Kuntze) KLON GAMBUNG 4

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·