Google Translate

Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa






Peran Dan Fungsi
  1. Ideologiterbuka
  2. Pandangan Hidup
  3. Dasar Negara
  4. Jiwa Bangsa
  5. Ideology Nasional
  6. Sumber Nilai
  7. Penyajiamn Luhur

Pengertian
Ideologi adalah gabungan antara pandangan hidup yang merupakan nilai –nilai yang telah mengkristal dari suatu bangsa serta Dasar Negara yang memiliki nilai-nilai falsafah yang menjadi pedoman hidup suatu bangsa, selain itu, Idiologi adalah merupakan hasil reflesi manusia berkat kemampuannya mengadakan distansi terhadap dunia kehidupannya. Maka terdapat suatu yang bersifat dialektis antara idiologi dengan masyarat negara. Di suatu pihak membuat idiologi semakin realistis dan pihak yang lain mendorong masyarakat mendekati bentuk yang ideal. Idologi mencerminkan cara berpikir masyarakat, bangsa maupun negara, namun juga membentuk masyarakat menuju cita-citanya
  1. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
      Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia merupakan ideology yang bersifat terbuka. Hal ini mengandung pengertian bahwa pancasiala, meskipun memiliki nila-nilai dasar yang bersifat tetap dan tidak boleh diubah, namun dalam praktik kehidupan sehari-hari nilai pancasila bersifat dinamis dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Keterbukaan itu tidak berarti jiwanya sendiri dikesampingkan, tetapi justru mempunyai maksud untuk memupuk vitalitas dan energi yang lebih besar dan mempunyai tujuan untuk mengembangkan jiwanya sendiri.
2.      Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
      Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME dalam perjuangan dalam mencapai kehidupan yang lebih sempurna senantiasa memerlukan nilai-nilai luhur yang dijunjung sebagai pandangan hidup. Pandangan hidup terdiri atas kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur adalah suatu wawasan yang menyeluruh terhadap kehidupan itu sendiri. Pandangan hidup berfungsi sebagai kerangka acuan baik untuk menata kehidupan diri pribadi maupun dalam interaksi antara manusia dalam masyarakat serta alam sekitarnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa terkandung konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan terkandung dasar pikiran yang terdalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang baik, oleh karena pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan suatu kristalisasi dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat indonesia, maka pandangan hidup tersebut dijunjung tinggi oleh wargannya karena pancasila berakar pada budaya dan pandangan hidup masyarakat.

3.      Pancasila sebagai Dasar Negara RI
       Kedudukan ini sering disebut dasar filsafat negara. Pancasila merupakan suatu nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan negara, konsekwensinya seluruh pelaksanaan penyelenggaraan negara terutama segala peraturan perundang-undangan termasuk proses reformasi dijabarkan dari nilai-nilai Pancassila, maka pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Pancasila merupakan kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara RI beserta seluruh unsur-unsurnya (rakyat, wilayah, pemerintahan).

Pancasila merupakan suatu azas kerohanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum sehingga merupakan sumber nilai, norma serta kaidah baik moral maupun hukum negara. Dalam kedudukannya sebagai dasar negara pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum.

4.      pancasila sebagai jiwa bangsa
      Nilai-nilai luhur pancasila sudah mendarah daging dalam tubuh bangsa Indonesia. Dan kita rela berkorban demi keadilan dan kemerdekaan bangsa walaupun harus mengorbankan jiwa dan raga.

5.      Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara RI
       Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai-nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat sebelum membentuk negara dengan kata lain materi pancasila tidak lain diangkat dari pandangan hidup masyarakat indonesia sendiri, sehingga bangsa ini merupakan Kausa Materialis (Asal Bahan) Pancasila. Unsur-unsur Pancasila tersebut kemudian diangkat dan dirumuskan oleh para pendiri negara sehingga pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi bangsa dan negara indonesia. Dengan demikian Pancasila sebagai ideologi bangsa berakar pada pandangan hidup dan budaya bangsa dan bukannya mengambil ideologi dari bangsa lain.
  1. Pancasila sebagai Sumber Nilai
     Nilai adalah sesuatu yang berharga, baik, dan berguna bagi manusia. Nilai merupakan suatu penghargaan atau suatu kualitas terhadap suatu hal yang menjadi dasar penentu tingkah laku manusia. Sebagai gambaran di dalam tata nilai kehidupan bernegara, ada yang disebut sebagai nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.
      Nilai dasar adalah asas-asas yang diterima sebagai dalil yang kurang lebih mutlak. Nilai ini bertasal dari nilai-nilai cultural dari budaya bangsa Indonesia.
      Nila instrumental adalah pelaksanaan umum nilai-nilai dasar, biasanya dalam wujud  norma norma social atau norma hokum, yang selanjutnya akan terkristalisasi dalam lembaga-lembaga yang sesuai dengan kebutuhan, tempat, dan waktu.
      Nilai praktis adalah nilai yang dilaksanakan dalam kenyataan. Nilai ini merupakan bahan ujian, apakah nilai dasar dan nilai instrumental benar-benar hidup dalam masyarakat atau tidak.

7.      Pancasila sebagai Penyajian Luhur
      Bahwa pancasila tersebut mempunyai kedudukan yang sangat tinggi yang diwariskan kepada kita oleh pejuang terdahulu, dan ketentuan-ketentuanya tidak boleh diganggu gugat karena telah berdasarkan dengan hukum.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·