Google Translate

MYCOPLASMA BOVIS



ETIOLOGI
Klassifikasi mycoplasma bovis yaitu dari kingdom bakteri, filum firmicutes, kelas mollicutes, order mycoplasmatales, family mycoplasmataceae, genus mycoplasma.
Mycoplasma Bovis merupakan bakteri gram negatif , berbentuk pleomorf, non motil, anaerob, tidak memiliki dinding sel tetapi memiliki membran sel, merupakan parasit pada semua jenis sapi.
EPIZOOTIOLOGI
Mycoplasma Bovis pada sapi dapat menginfeksi paru-paru (pneumonia) yang menyebabkan tingkat kematian yang sangat tinggi pada usia muda, sendi (arthritis), ambing (mastitis), dan dapat juga menginfeksi substrat atau pakan hewan. Mycoplasma Bovis dapat berkembang biak dengan sempurna pada tumpukan kotoran yang besar dan tidak terawat.

PATOGENESA
Mycoplasma Bovis merupakan bakteri pathogen yang bersifat zoonosis. Infeksi dapat terjadi ketika jumlah bakteri mencapai 70 CFU/ml. Penularan pada sapi dapat terjadi melalui proses pemerahan yang kurang baik, peralatan pakan yang terkontaminasi, ataupun melalui tangan pemerah.
Mycoplasma bovis dapat menyebabkan kerusakan secara langsung maupun tidak langsung yaitu akibat adanya respon kekebalan pada sapi tersebut. Hasil metabolit akhir dan toksin dapat merusak membran sel inang dan menyebabkan kerusakan jaringan. Kerusakan jaringan disebabkan oleh respon peradangan netrofil, makrofag, sel plasma dan jaringan ikat. Awalnya saluran susu mengandung banyak netrofil dan epitel saluran susu mulai membelah, sehingga memenuhi isi lumen. Sementara itu epitel alveoli mengalami reaksi berlawanan sehingga selnya mengecil, produksi susu menurun dengan eksudat yang banyak, ketika reaksi makin parah, alveoli dan saluran susu akan diganti dengan jaringan ikat yang permanen. Dari infeksi yang terjadi pada paru-paru dan ambing susu tadi bakteri kemudian akan dapat melakukan perjalanan ke daerah sendi yang kemudian menyebabkan radang sendi(arthritis).
GEJALA KLINIS
Pada Infeksi primer mycoplasma Bovis terkadang tidak menimbulkan gejala yang nyata. Gejala dapat dilihat pada infeksi sekunder yaitu terjadi mastitis yang bersifat purulen, dan di ikuti dengan penurunan produksi susu. Warna susu menjadi merah kecoklatan, dan terdapat lapisan sedimen.
DIAGNOSA
Diagnosa dapat dilakukan dengan melihat gejala klinis yang ditimbulkan dan pemeriksaan sampel susu untuk dilakukan isolasi agen dengan menggunakan media Enriched.
PENCEGAHAN
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari ataupun mengurangi penularan mycoplasma bovis yang paling penting adalah managemen pemerahan  yang baik seperti, desinfeksi pada tempat susu, tangan pemerah dan pakaian yang kemungkinan dapat menularkan dari sapi ke sapi, teat dipping sebelum dan sesudah memerah,dan memakai sarung tangan saat memerah, perbaikan sanitasi, pemeriksaan mycoplasma terhadap sapi yang terkena mastitis, sapi mastitis dipisah dengan sapi yang sehat dan diperas terakhir kali untuk mengurangi penyebaran. Dilakukan vaksinasi dan kontrol terhadap sapi yang baru masuk ke peternakan. Vaksin yang dapat digunakan adalah vaksin pulmo guard TM MPB.
PENGOBATAN
pengobatan pada usia dini sedikit sulit untuk dilakukan karena gejala klinis yang tidak nyata pada infeksi sekunder dan pada waktu penyakit ini sudah diketahuipun pengobatan masih sulit dilakukan karena struktur dari bakteri itu sendiri yang tidak memiliki dinding sel. Tetapi Pengobatan yang dapat dilakukan hingga saat ini adalah dengan memberikan antibiotika untuk kuman yang menyebabkan mastitis dan bersifat pathogen pada masa kering kandang.









DAFTAR PUSTAKA
Brishard, S. (2003). Mycoplasma Disease in Cattle . Diakses 11 april  2010, dari http://addl.purdue.edu/newletters
Currin, JF, Currin, N., & Whittier, W. (2007, Mei) Sapi. Mycoplasma Sapi di. Diperoleh 11 april 2010, dari http://www.ext.vt.edu/pubs/beef/400-304/400-304.html
Mayer, G. (2007, April 5). Mikrobiologi dan Imunologi Online. Diperoleh 11  april 2010, dari http://pathmicro.med.sc.edu/mayer/myco.htm
Boehringer ingelhim. Timbulnya masalahmicoplasma bovis. Diakses 11 april 2010, dari http://www.micoplasma.com/dat%201.htm
Ankap Jamaun. (maret,2010). Mycoplasma mastitis pada sapi perah. Diakses 11 april 2010, dari http://www.mycoplasma mastitis pada sapi perah.com/referen%20lain%201.htm

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·