Google Translate

Manfaat Ekor Kucing, Kumis Kucing, Kayu Manis, Sereh dan Murbei



Ekor kucing (Acalypha hispida Burm. f.) merupakan tanaman asli dari Hindia Barat. Kandungan kimia dari daun ekor kucing ialah acalyphin, flavonoida, saponin, dan tanin. Sedangkan kandungan kimia pada bunganya adalah saponin dan tanin. Bunga ini berkhasiat untuk menghentikan perdarahan (hemostatis) dan peluruh kencing (diuretik). Akar dan daun berkhasiat hemostatis.
1.      Kumis Kucing
Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus (B1) Miq.) merupakan tumbuhan yang berbulu pendek. Kandungan kimia yang terdapat didalam kumis kucing ialah Orthosiphon glikosida, zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, myoinositol. Manfaat dari kumis kucing sangat banyak yaitu : anti-inflammatory (anti radang), peluruh air seni (diuretic), menghancurkan batu saluran kencing, mengobati encok, dan mengobati demam.
2.      Kayu Manis
Kayu Manis (Cinnamomum burmani (nees) Bl.) memiliki Batang berkayu dan bercabang-cabang. Komposisi kimia yang terdapat pada kulit kayu ialah minyak atsiri, tanin, damar, dan lendir. Beberapa manfaat dari kayu manis, yaitu: obat diare, obat penambah nafsu makan, mengobati nyeri pinggang, mengobati rematik, dan sebagai analgesik.

3.      Sereh
Sereh (Cymbopogon nardus (L.) Rendle.) merupakan rumput-rumputan tegak, perakarannya sangat dalam dan kuat. Komposisi kimia yang terdapat pada sereh yaitu: 0,4% minyak atsiri dengan komponen yang terdiri dari sitral, sitronelol (66-85%), (a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, ß-felandren, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen-4?ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metil heptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil asetat, sitronelil asetat, geranil asetat, ß-elemen, ß-kariofilen, ß-bergamoten, trans-metilisoeugenol, ß-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Pada penelitian lain pada daun ditemukan minyak atsiri 1% dengan komponen utama (+) sitronelol, geranial (lebih kurang 35% dan 20%), disamping itu terdapat pula geranil butirat, sitral, limonen, eugenol, dan metileugenol. Sitronelol hasil isolasi dari minyak atsiri sereh terdiri dari sepasang enansiomer (R)-sitronelal dan (S) sitronelal. Manfaat sereh ialah digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, penghangat badan, peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

i
Murbei (Morus alba L.) merupakan tumbuhan asal cina yang tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 m dpl. Komposisi kimia yang terkandung pada daun murbei ialah ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-sitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa-, beta-hexenal, cis-beta-hexenol, cis-lamda-hexenol, benzaidehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, aceto'ne, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C. dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol. Juga mengandung phytoestrogens. Bagian ranting murbei mengandung tanin dan vitamin A. B uahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam stearat, asam oleat, dan vitamin (karoten, B1, B2 dan C). Kulit batang mengandung (1) triterpenoids: alfa-,beta-amyrin, sitosterol, sitosterol-alfa-glucoside. (2) Flavonoids: morusin, cyclomorusin, kuwanone A,B,C, oxydihydromorusin. (3) Coumarins: umbelliferone, dan scopoletin. Kulit akar mengandung derivat flavone mulberrin, mulberrochromene, cyclomulberrin, cyclomulberrochromene, morussin, dan mulberrofuran A.  Manfaat murbei, yaitu : obat demam, flu, malaria, batuk, rematik, hipertensi, diabetes melitus, kaki gajah (elephantiasis), dan sebagainya.

1 comment:

Prince of Noob said...

terima kasih atas perkongsian bermanfaat ini ya. btw done follow u, follow mine too :) - Noob

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·