Google Translate

Membuat Page Number yang Berbeda dalam satu FILE Document

Temen-teman sudah mempunyai file yang akan di beri penomeran atau Page number. Saya akan perlihatkan contoh yang akan kita bahas pada pembelajaran kali ini, coba lihat gambar di bawah ini dan perhatikan nomer halaman yang saya kasih warna merah.


Di gambar tersebut terlihat bahwa pada lembar BAB I no-nya ada tengah di bawah, pada lembar ke dua no-nya ada di pojok atas sebelah kanan. Nah bagaiman cara untuk membuat seperti itu..? tapi tidak manual. Ini biasanya berguna pada waktu teman-teman sendang mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Jadi sekarang teman-teman tidak perlu bingung lagi untuk membuat nomer halaman (Page Number) pada file skripsi yang dibuat.

Ok…kita mulai belajarnya.

1.      Buka file yang ingin di beri page number atau no halama.

2.      Doble klik di atas tulisan BAB I sampai seperti gambar di bawah ini :


1.      Kemudian akan langsung ter-arah pada menu Design – pilih Page Number – Top Of Page – Plain Number 3 - Klik. Lihat gambar di bawah ini :
1.      Di sebelah pojok kanan atas akan terdapat angka 1, untuk memindah angka 1 menjadi dibawah tengah temen2 harus cek list Different First Page. Seperti gambar dibawah :
Kemudian Mouse Pointer pindahkan ke First Page Footter, seperti gambar di bawah ini :

1.      Pilih Page Number – Button Of Page – Pilih Plain Number 2, seperti gambar di bawah ini :
1.      Klik gambar Close Header and Footer yang ada di sebelah kanan atas, seperti di bawah ini : 


1.      Nah….sudah pindah ke tengah bawahkan angkat 1 nya, itu artinya langkah yang sudah di lakukan sudah benar. Sekarang coba lihat di page atau halaman BAB II apakah sudah ikut no-nya ada dibawah? Loh kok belum ada di bawah seperti BAB I. Lanjut ke lankah selanjutnya---à
Posisikan Mouse Pointer di sebelah kiri tulisan “BAB II”, seperti gambar di bawah ini :
1.      Klik menu Page Layout – Klik panah kecil (yang saya lingkari) seperti gambar di bawah ini :
Akan muncul windows seperti dibawah ini, pilih This Point Forward – klik OK.
1.      Selesai……..No yang ada pada BAB II akan pindah di bawah tengah, seperti gambar di bawah ini :


Sekarang temen-temen sudah bisakan membuat page number dengan format yang berbeda atau posisi nomer pada halaman berbeda “onok seng nang ndokor, onok seng nang nisor” (ada yang di atas, ada yang di bawah). Lah Terus bagaimana dengan BAB III dan bab selanjutnya…? Temen-temen tinggal mengulanginya dari langka no. 8.

Terima kasih…..Sedikit belajar tapi terus menerus akan memperbanyak ilmu, jangan meremehkan ilmu dasar.
 
Sumber : http://rumahbelajar-tamtam.blogspot.com/20http://rumahbelajar-tamtam.blogspot.com/2013/06/membuat-page-number-berbeda-posisi.html13/06/membuat-page-number-berbeda-posisi.html

Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·