Google Translate

Apa itu Episiotomy




Episiotomy adalah suatu tindakan bantuan persalinan berupa insisi pada perineum yang menyebabkan terpotongnya lapisan selaput lendir vagina, cincin selaput dara, jaringan pada septum rektovaginal, otot-otot dan fascia perineum, serta kulit sebelah depan perineum. Operasi ini meliputi incisi dari perineum untuk memudahkan kelahiran dan mencegah ruptur perinii totalis.
Tindakan operasi ini bertujuan untuk memperlebar jalan keluarnya janin dan mengurangi terjadinya robekan alami yang akan menimbulkan rasa sakit yang lebih dibandingan dengan luka robekan akibat operasi episiotomy.
Operasi episiotomi dilakukan dengan adanya pendekatan dua indikasi, yaitu indikasi pada janin dan indikasi pada induk. Operasi pembedahan ini dilakukan berdasarkan dua teknik sayatan, yaitu teknik medial dan mediolateral. Masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurang tersendiri.











DAFTAR PUSTAKA

Fubini S and Norm D. 2004. Farm Animal Surgery. Elseiver. St Louis.
Morano, S, Emanuela M, Daniel P, Davide L, Sergion C and Nicolas R. 2006. A randomized comparison of suturing techniques for episiotomy and laceration repair after spontaneous vaginal birth. Journal of Minimally Invasive Gynecology, Vol 13, No 5 : 457-462
Patidir, A. 2013.Succesfull Relieving of Dystocia By Episiotomy in A German Shepherd Bitch. http://www.vetcareclinic.com/ Diakses Oktober 2013.
Rigi, N, Kerman-saravi F, Saroneh RM and Abedian Z.2011. Cold and Reduced Episiotomy Pain Interfere with Mood and Daily Activity. Shiraz E Medical Journal, Vol. 12, No. 2; 87-92
Scott, JR.2005.Episiotomy and Vaginal Trauma. Obstet Gynecol Clin N Am Vol 32; 307-321
Sudisma, IGN. 2006. Ilmu Bedah Veteriner Dan Teknik Operasi. Pelawa Sari. Denpasar

No comments:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·