Google Translate

Diabetes Mellitus (DM) Pada Anjing


Diabetes Mellitus (DM)
Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit metabolik di mana hewan memiliki tinggi gula darah, baik karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau karena sel tidak merespon insulin yang dihasilkan. Karena kekurangan insulin, kadar gula dalam darah naik, sedangkan sel – sel tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa. Dalam keadaan ini glukosa akan dibuang melalui ginjal (kencing manis). Jika ini berlangsung lama hewan akan menjadi lemah dan menimbulkan kematian karena kekurangan zat – zat makanan.
Di Amerika, kejadian diabetes mellitus pada anjing dan kucing bervariasi pada anjing mulai dari rasio satu dibanding dua ratus dan pada kucing satu dibanding delapan ratus. Sedangkan di Indonesia kejadian penyakit diabetes mellitus pada hewan belum mendapat banyak perhatian. Hal ini didukung dengan minimnya sumber data mengenai kejadian penyakit ini dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan hewan (Wardhana, A. 2010)
Pemeriksaan dengan “glucose tolerant test” (tes kesanggupan tubuh untuk memetabolisme glukosa) dan pengukuran dari respon insulin kepada kandungan glukosa telah memungkinkan untuk mengidentifikasi tiga tipe diabetes pada anjing. Tipe I dicirikan dengan tidak adanya tanda “plasma imunnoreactive insulin” (IRI) dan tidak ada respon pada kandungan glukosa.
Tipe II mempunyai ciri dengan adanya tanda normal untuk tingkat IRI yang tinggi dan tidak ada penambahan dari IRI dalam respon kepada glukosa. Tipe III mempunyai ciri yang sama juga dengan tanda IRI yang tinggi tetapi terjadi penambahan IRI dalam respon kepada glukosa. Tipe I merupakan tipe yang sering ditemukan pada anjing.
Bentuk klinis dari DM selalu dapat disesuaikan dengan pengujian patofisiologidari penyakit. Berkurangnya insulin secara absolut atau relatif menyebabkan gula dalam darah tidak dapat masuk sel guna mengalami metabolisme. Adanya hiperglikemia dimana kadar glukosa meningkat melebihi ambang renal glukosa dapat menyebabkan glukosuria. Tetapi hubungan ambang renal glukosa dengan glukosuria tergantung pula pada kemampuan daya saring glomerulus renal.
Adanya osmotik deuresis mengakibatkan terjadinya suatu bentuk poliuria dan diikuti oleh dehidrasi, akibatnya menimbulkan bertambahnya pengambilan air. Pengambilan makanan juga bertambah, karena gula tidak dapat menembus membran sel, anjing menderita kelaparan di tingkat sel.

Gejala Klinis Diabetes Mellitus
Gejala awalnya berhubungan dengan efek langsung dari kadar gula darah yang tinggi. Jika kadar gula darah sampai diatas 160-180 mg/dL, maka glukosa akan dikeluarkan melalui air kemih. Jika kadarnya lebih tinggi lagi, ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah besar glukosa yang hilang. Karena ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan, maka penderita sering berkemih dalam jumlah yang banyak (poliuri). Akibatnya, maka penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum (polidipsi). Sejumlah besar kalori hilang ke dalam air kemih, sehingga penderita mengalami penurunan berat badan. Untuk mengkompensasikan hal ini penderita seringkali merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan (polifagi).

           Poliuria (sering kencing)
Poliuria pada diabetes menunjukkan bahwa tubuh tidak mampu untuk metabolisme karbohidrat dengan benar. Karbohidrat diubah menjadi glukosa, yang dikirim ke dalam darah untuk memberi makan sel-sel. Karena kekurang insulin, sel tubuh tidak dapat menerima glukosa, sehingga tetap dalam darah menyebabkan hiperglikemia. Glukosa yang berlebihan dalam darah terakumulasi di sana sampai ginjal melihatnya sebagai benda ekskresi untuk disaring dan dibuang.

           Polidipsia (haus meningkat)
Konsumsi air normal adalah untuk anjing kurang dari 90ml/kgbb/hariberat per hari. Menggunakan anjing 20 pound sebagai contoh, ini harus menjadi 3-4 cangkir air sehari. Untuk kucing kurang dari 45 ml/kgbb/hari. Untuk kucing 10 pound, pemberian air sekitar 2 1/2 cangkir air sehari.
Polidipsia merupakan tanda atau gejala yang menunjukkan karena kurangnya insulin yang cukup, tubuh tidak mampu untuk memetabolisme karbohidrat. Seperti tubuh buang cairan begitu banyak, akan mengalami dehidrasi. Pertahanan alami adalah untuk menggantikan cairan dengan penghisapan cairan tubuh berlebihan.
          Polifagia (kelaparan meningkat).
Polifagia muncul karena baik pankreas tidak memproduksi insulin (tipe 1 diabetes mellitus) atau tubuh telah menjadi tidak peka terhadap efek insulin yang diproduksi (diabetes mellitus tipe 2). Dalam kedua kasus ini, yang terjadi adalah bahwa gula (glukosa) dalam sistem tidak sedang dibuat tersedia untuk sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi. Akibatnya, tubuh kelaparan. Untuk kompensasi, makanan lebih diperlukan dalam upaya untuk 'memberi makan' sel-sel tubuh, maka asupan makanan hampir tidak bisa dihindari lagi.
Gejala lainnya adalah pandangan kabur, pusing, mual dan berkurangnya ketahanan tubuh selama melakukan olah raga. Penderita diabetes yang gula darahnya kurang terkontrol lebih peka terhadap infeksi.
Gejala-gejala umum ini sering tidak lengkap atau tidak begitu jelas dirasakan sehingga tidak begitu disadari sebagian besar penderita. Penderita kebanyakan datang ke dokter,klinik atau rumah sakit karena adanya keluhan atau gejala-gejala yang diakibatkan komplikasi-komplikasi yang timbul.

Komplikasi dari Diabetes Mellitus
Komplikasi diabetes mellitus dapat terjadi secara akut dan kronik. Komplikasi akut yang paling sering adalah reaksi hipoglikemia dan koma diabetik. Reaksi hipoglikemia adalah gejala yang timbul akibat tubuh kekurangan glukosa akibat obat antidiabetes yang diminum dengan dosis tinggi, atau penderita terlambat makan atau latihan fisik yang berlebihan. Koma diabetik terjadi karena kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi. Komplikasi-komplikasi kronik pada organ-organ tubuh, misalnya :
1.      Gagal ginjal ringan sampai berat.
2.      Mata kabur karena adanya katarak atau kerusakan retina.
3.      Gangguan pada saraf tepi yang ditandai dengan gejala kesemutan, mengalami baal pada anggota tubuh.
4.      Gangguan saraf pusat yang dapat menimbulkan gangguan peredaran darah otak sehingga memudahkan terserang stroke.
5.      Gangguan pada jantung berupa penyakit jantung koroner.
6.      Gangguan pada hati berupa perlemakan hati dan sirosis hati.
7.      Gangguan pada pembuluh darah berupa penyakit hipertensi dan penebalan dinding pembuluh darah.
8.      Gangguan pada saraf dan pembuluh darah dapat menimbulkan impotensi.
9.      Paru-paru mudah terserang penyakit tuberkolosis.

Arterosklerosis
            Merupakan suatu kejadian pembuluh nadi (arteri) menjadi tebal sering terjadi pada anjing yang terserang DM. Keadaan ini sering terjadi pada anggota gerak bagian bawah dan dapat mengakibatkan kematian jaringan akibat infeksi sekunder. Serangan jantung dapat terjadi karena adanya arterosklerosis pada pembuluh nadi jantung/

Katarak
            Pada lima belas persen anjing yang terserang Diabetes melitus dapat berkembang menjadi katarak yang selalu bilateral dan dapat membaik jika penyakit ini dapat dikontrol.  Katarak dapat lebih sering terjadi pada anjing tua serta anjing yang telah mengidap penyakit lebih lama.  Renitis diabetika  yaitu suatu keadaan yang paling buruk terjadi pada mata akibat DM tidak ditanggulangi dengan baik.

Kegagalan Ginjal
            Salah satu komplikasi dari penyakit ini adalah sindrome “Kimmelstiel Wilson” yaitu merupakan suatu keadaan ginjal rusak. Anjing kehilangan albumin, menderita tekanan darah tinggi dan juga menderita berbagai macam pembengkakan /odema pada bagian tubuh. Pada anjing muda lebih besar kemungkinana kegagalan ginjalnya.

DAFTAR PUSTAKA
Rahardjo, S.D., 1985. Diabetes Mellitus pada Anjing. Skripsi.Institut Pertanian Bogor.
Wardhana, A., 2010.  Pemberian Jintan Hitam (Nigella Sativa) sebagai Tindakan Prefentif Meningkatnya Kadar Glukosa Darah Tikus Putih (Rattus Norvegicus) yang Diinjeksi Aloksan. Artikel Ilmiah. FKH Universitas Airlangga:Surabaya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

polwhasyx www.newdiscountlouisvuittonhandbag.com gccngdltr [url=http://www.newdiscountlouisvuittonhandbag.com]discount louis vuitton handbags[/url] sqtdpjrco
mluedgqdn www.louisvuittonreplicbagsonline.com tgeqvsajv [url=http://www.louisvuittonreplicbagsonline.com]cheap louis vuitton purses[/url] idaawdpdw
owqqbbuvl www.louisvuittonhandbagson-sale.com fhccxspun [url=http://www.louisvuittonhandbagson-sale.com]louis vuitton wallet[/url] gqptlvzzs
ooxkwlodl www.louisvuittonluggageonline.com bxiyhowgw [url=http://www.louisvuittonluggageonline.com]cheap louis vuitton bags uk[/url] plznssnoq
vhklyykrj www.newdiscountlouisvuittonhandbags.com rxrdkrmae [url=http://www.newdiscountlouisvuittonhandbags.com]cheap louis vuitton[/url] xtukujksp

Anonim mengatakan...

You will not anymore prefer to alter your using a http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm
regular basis bag with every new outfit, so the using of [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]scarpe Hogan[/url]
a [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]scarpe Hogan[/url]
neutral color approach it should cross with all. If you find yourself matching a [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]scarpe Hogan[/url]
handbag with a [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]Hogan Sito Ufficiale[/url]
particular outfit, endeavor to choose each a [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]scarpe Hogan[/url]
complementary style and color. It may be higher not any longer to order a [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]Scarpe Hogan outlet, Hogan Sito Ufficiale Primavera-Estate 2013[/url]
handbag in just exactly the same color since your sneakers and outfit.
The [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]Hogan Sito Ufficiale[/url]
selection of [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]Scarpe Hogan outlet, Hogan Sito Ufficiale Primavera-Estate 2013[/url]
leather jackets completely varies according to your system structure, shape and height of [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]scarpe Hogan[/url]
the . Some are quite obvious whilst some are fanciful; rendering it tough to decide just what you will need to wear inside her hair make certain that of [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]scarpe Hogan[/url]
the wedding. Below, there are some pros a [url=http://www.bocachicaplaya.com/hogansitoufficiale.htm]Hogan Sito Ufficiale[/url]
.

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·