Google Translate

Giardia (PROTOZOA PATOGEN)


Giardia

Giardia merupakan anggota dari fhylum Metamonada pada family Hexamitidae. Yang berkoloni dan bereproduksi dalam usus kecil dari beberapa vertebrata, menyebabkan giardiasis. Siklus hidup mereka ubah antara yang aktif berenang trophozoite dan infektif, tahan kista. Saat ini, lima sampai enam morfologis spesies yang berbeda diakui Giardia lamblia (= G. intestinalis, = G. duodenalis) menginfeksi manusia dan mamalia lain, G. muris ditemukan dari mamalia lainG. psittaci dari burung,G. agilis dari amfibi. Spesiesnya antara lain:
  • Giardia beckeri Giardia beckeri
  • Giardia beltrani Giardia beltrani
  • Giardia botauri Giardia botauri
  • Giardia bovis Giardia bovis
  • Giardia bradypi Giardia bradypi
  • Giardia canis Giardia canis
  • Giardia caprae Giardia caprae
  • Giardia cati Giardia CATI
  • Giardia caviae Giardia caviae
  • Giardia chinchillae Giardia chinchillae
  • Giardia dasi Giardia dasi
  • Giardia equii Giardia equii
  • Giardia floridae Giardia floridae
  • Giardia hegneri Giardia hegneri
  • Giardia herodiadis Giardia herodiadis
  • Giardia hyderabadensis Giardia hyderabadensis
  • Giardia irarae Giardia irarae
  • Giardia marginalis Giardia marginalis
  • Giardia melospizae Giardia melospizae
  • Giardia nycticori Giardia nycticori
  • Giardia ondatrae Giardia ondatrae
  • Giardia otomyis Giardia otomyis
  • Giardia pitymysi Giardia pitymysi
  • Giardia pseudoardeae Giardia pseudoardeae
  • Giardia recurvirostrae Giardia recurvirostrae
  • Giardia sanguinis Giardia sanguinis
  • Giardia serpentis Giardia serpentis
  • Giardia simoni Giardia simoni
  • Giardia sturnellae Giardia sturnellae
  • Giardia suricatae Giardia suricatae
  • Giardia tucani Giardia tucani
  • Giardia varani Giardia varani
  • Giardia viscaciae Giardia viscaciae

Morfologi:
Giardia memiliki dua inti, masing-masing dengan empat kait flagela, dan mitokondria dan aparat Golgi. Tropozoit, pada keadaan mendatar  berbentuk  bilateral simetris seperti raket badminton , piriform sampai elipsoid , buah per yang dibelah, semua alat – alat tubunya berpasang - pasangan. Ditemukan 2 buah aksostil (batang median), 2 buah inti dan 4 pasang flagel . Permukaan tubuh bagian dorsal cembung, sedangkan bagian ventral cekung. Ujung bagian anterior melebar serta membulat, sedangkan bagian posteriornya tubuh meruncing.
Kista berbentuk lonjong, berukuran panjang 12 mikron dan lebar 7 mikron , 8 -14 mikron dan 6 – 10 mikron , mempunyai 2 - 4 buah inti 

Predileksi :
Berpredileksi di dalan duodenum dan bagian lain dari usus halus dan mungkin di dalam kolom manusia, kera, dan babi dan secara eksperimen dapat menginfeksi tikus tetapi Rattus rattus dan mencit tidak bisa diinfeksi. Reproduksi (perbanyakan diri) secara aseksual dengan pembelahan ganda.

Siklus Hidup:
Dalam bentuk tropozoit, parasit memperbanyak diri di dalam usus. Jika lingkungan usus halus (duodenum) tidak sesuai dengan kondisi optimal, maka parasit akan berubah menjadi bentuk kista (biasanya pembentukan kista terjadi pada usus besar). Infeksi terjadi karena termakannya kista bersama makanan atau minuman, 30  menit setelah infeksi kista berkembang menjadi bentuk tropozoit.
Dari sekian banyak spesies Giardia yang paling penting adalah Giardia lamblia.

 
Morfologi :
Giardia memiliki morfologi yang menarik. Giardia ada dalam dua bentuk, yang trophozoite dan kista. Yg dpt mengubah tempat Trophozoites adalah karena mereka empat pasang flagela. Formulir ini dorsoventrally diratakan, Piriform dan memiliki struktur internal yang unik. Giardia memiliki perekat besar disk yang terdiri dari mayoritas protozoa's ventral permukaan. Melalui penggunaan mikroskop cahaya, sepasang berulang flagela yang berjalan longitudinal dalam organisme dapat dilihat. Flagela berulang ini disebut axonemes. Ada dua inti, satu di setiap sisi axonemes. The trophozoites mengukur panjang 9-21 μm x 5-15 μm lebar x 2-4 μm tebal. Formulir ini dapat ditemukan melekat pada epitel duodenum dan jejunum dalam host yang terinfeksi. Giardia memiliki Morfologi yang menarik. Giardia ada dalam dua bentuk, yang trophozoite dan Kista. Trophozoites adalah tempat yg dpt mengubah empat karena mereka pasang flagela. Dorsoventrally Formulir ini diratakan, Piriform dan memiliki struktur internal yang unik. Giardia Perekat memiliki disk besar yang terdiri dari mayoritas protozoa's ventral permukaan. Melalui penggunaan mikroskop cahaya, sepasang flagela yang berulang dalam Organisme Berjalan longitudinal dapat dilihat. Disebut flagela berulang axonemes ini. Ada dua inti atom, satu pada setiap sisi axonemes. The trophozoites ukuran panjang 9-21 μm x 5-15 μm lebar x 2-4 μm tebal. Formulir ini dapat ditemukan melekat pada epitel duodenum dan jejunum dalam host yang Terinfeksi.
Bentuk kista Giardia adalah nonmotile. Ini adalah oval dan tebal, refractile dinding. Dua inti berada dalam kista baru-baru ini dibentuk dengan empat inti dalam kista matang. The kista ukuran 8-12 μm x 7-10 μm panjang lebar. Bentuk ini adalah bentuk infektif dan dapat ditemukan dalam kotoran hewan yang terinfeksi. Bentuk Kista Giardia adalah nonmotile. Ini adalah oval dan tebal, refractile dinding. Dua inti berada dalam Kista baru-baru ini dibentuk dengan empat inti dalam Kista matang. The Kista ukuran 8-12 μm x 7-10 μm panjang lebar. Bentuk ini adalah bentuk infektif dan dapat ditemukan dalam kotoran hewan yang Terinfeksi.
Giardia memiliki kemampuan untuk menginfeksi banyak mamalia termasuk anjing, kucing, rusa tikus, tupai tanah, chinchilla, babi, saku tikus, sapi, guinea pig, dan manusia. Giardia memiliki kemampuan untuk menginfeksi banyak Mamalia termasuk anjing, kucing, tikus rusa, Tupai tanah, chinchilla, babi, saku tikus, sapi, guinea pig, dan manusia.
Transmisi adalah dengan rute fecal-oral. Baik manusia dan hewan mungkin menjadi terinfeksi baik oleh tinja langsung penelanan atau oleh konsumsi air yang tercemar. Baru lulus segera kista infeksi. Yang menelan hanya sepuluh atau lebih sedikit kista Giardia cukup untuk menyebabkan infeksi. Adalah dengan rute transmisi fecal-oral. Baik manusia dan hewan mungkin menjadi baik Terinfeksi oleh penelanan atau konsumsi tinja langsung oleh udara yang Tercemar. Segar Kista infektif segera berlalu. Yang hanya menelan sepuluh atau lebih sedikit Kista Giardia cukup untuk menyebabkan infeksi.
• The trophozoite adalah berbentuk buah pir, dengan luas banyak dilemahkan anterior dan posterior (9). The trophozoite adalah berbentuk buah pir, dengan luas banyak dilemahkan anterior dan posterior (9). Ini adalah 10-12μm panjang dan lebar 5-7μm, bilateral simetris, dan memiliki dua inti. (9) Hal ini juga relatif rata, dengan mengisap besar disk pada sisi ventral anterior, yang berfungsi sebagai metode parasit dari keterikatan pada mukosa dari tuan rumah. The trophozoite juga memiliki dua tubuh rata-rata dan empat pasang flagela (anterior, caudal, posterior dan ventral) (1). Ini adalah 10-12μm panjang dan lebar 5-7μm, bilateral simetris, dan memiliki dua inti. (9) Hal ini juga Relatif rata, mengisap dengan disk besar pada sisi ventral anterior, yang berfungsi Sebagai metode parasit dari keterikatan pada mukosa dari tuan rumah. trophozoite juga yang memiliki dua tubuh rata-rata dan empat pasang flagela (anterior, caudal, posterior dan ventral).

• Para G. lamblia G. kista adalah berbentuk telur, dan mengukur 8-14
μm oleh 7-10μm. Setelah encystation, masing-masing organel duplikat, sehingga setiap kista berisi empat inti, rata-rata empat tubuh, delapan pasang flagela - meskipun organel ini tidak diseret dalam pola yang jelas. (9) Setelah excystation, masing-masing menghasilkan dua trophozoites kista.  lamblia Kista adalah berbentuk telur, dan Mengukur 8-14μm oleh 7-10μm. Setelah encystation, masing-masing organel duplikat, Sehingga setiap Kista berisi empat inti, rata-rata empat tubuh, Delapan pasang flagela - meskipun ini tidak diseret dalam pola organel yang jelas. (9) Setelah excystation, masing-masing menghasilkan dua trophozoites Kista.

Siklus Hidup:
Giardia memiliki siklus hidup langsung. Setelah tahap kista dicerna oleh tuan rumah yang sesuai, excystation terjadi di dalam duodenum. Hal ini diyakini bahwa excystation terjadi sebagai akibat dari eksposur ke lambung pH rendah di samping kontak dengan enzim pankreas seperti kimotripsin dan tripsin. Selama excystation, dua binuclear trophozoites muncul dari setiap quadrinuclear kista. Bentuk yang trophozoite perekat menggunakan disk yang besar terletak di permukaan ventral melekat pada epitel duodenum dan jejunum. The trophozoites bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Beberapa trophozoitesencyst dalam usus halus dan pingsan di tinja. Banyak teori telah diusulkan, tetapi mekanisme yang tepat yang menyebabkan diare Giardia belum ditetapkan. Siklus hidup Giardia memiliki langsung. Hal ini diyakini sebagai akibat dari eksposur ke Lambung pH rendah di samping kontak dengan Enzim pankreas dan kimotripsin seperti tripsin. 
Tidak ada tanda-tanda klinis pathognomonic terkait dengan giardiasis. Tanda yang paling umum adalah kronis atau intermiten berbau busuk usus diare. Diare biasanya ringan berwarna, berminyak dan bercampur dengan lendir. Diare biasanya tidak berair dan tidak umumnya mengandung darah. Tanda-tanda umum lainnya giardiasis pada anjing dan kucing termasuk gas dalam perut, penurunan berat badan, kelesuan, malaise dan keterlambatan pertumbuhan pada hewan dewasa. Berat badan biasanya terjadi di hadapan nafsu makan yang baik dan asupan makanan yang cukup. Kurang umum dilaporkan termasuk tanda-tanda klinis akut atau kronis usus besar diare dengan tinja kelebihan lendir, tenesmus dan hematochezia. Tidak ada tanda-tanda Klinis pathognomonic terkait dengan giardiasis. Tanda yang paling umum adalah Kronis intermiten atau berbau usus diare. Diare biasanya ringan berwarna, berminyak dan bercampur dengan lendir. Diare biasanya tidak berair dan umumnya tidak mengandung darah.

Prideleksi:
Giardia menginfeksi duodenum manusia, tetapi juga merupakan salah satu parasit yang paling sering menginfeksi kucing, anjing dan burung.Mamalia host juga meliputi sapi, berang-berang, rusa, dan domba. Kolonisasi dari hasil usus villous peradangan dan atrofi, mengurangi kemampuan usus yang menyerap. Kolonisasi dari hasil villous peradangan usus dan atrofi, mengurangi kemampuan usus yang menyerap. Pada manusia, infeksi merupakan gejala hanya sekitar 50% dari waktu, dan protokol untuk mengobati gejala individu adalah kontroversial.


Tidak ada komentar:

Baca Juga Artikel Yang Lainnya:

·